Nama Anak Jokowi Masuk Dalam Bursa Pilgub DKI

- Minggu, 9 Januari 2022 | 14:11 WIB
Nama Walikota Solok, Gibran Rakabuming mulai masuk bursa Pilgub DKI tahun 2024 mendatang (ist)
Nama Walikota Solok, Gibran Rakabuming mulai masuk bursa Pilgub DKI tahun 2024 mendatang (ist)

Haluan Padang - Tahun 2022 ini, masa Jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan berakhir. Sejumlah tokoh politik mulai muncul mengisi Bursa calon Pilgub DKI Jakarta selanjutnya. 

Meski Pemilihan Gubernur DKI Jakarta akan berlangsung pada 2024 mendatang, konsentrasi politik mulai memanas. Sejumlah partai politik mulai menonjolkan sosok yang akan mengisi kursi DKI 1 tersebut. 

Salah satunya PDIP yang menggadangkan sosok Gibran Rakabuming, anak Presiden RI, Joko Widodo sebagai kandidat terkuat yang akan diusung dalam helatan Pilgub DKI mendatang.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menilai Gibran yang saat ini menjabat sebagai Walikota Solo, berpeluang mengikuti jejak ayahnya menjabat sebagai Gubernur DKI. 

"Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Walikota Solo. Tentu nantinya bakal membuktikan bagaimana cara dan pola kepemimpinan yang baik. Mengedepankan kultur nusantara dan melangkah maju secara sistemik," ucap Hasto dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/1/2022). 

Namun, bagaimana skenario pengusungan nantinya  tetap berdasarkan survey dan elektabilitas di mata masyarakat. Termasuk peran Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri secara konstitusional dalam memutuskan siapa kandidat terpilih

"Nanti rakyat yang menentukan. Bu Mega juga memiliki kewenangan dalam konstitusional dalam menetapkan nantinya," ucap Hasto.

Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir tahun 2022 ini bersama 101 kepala daerah lainnya.

Nantinya kekosongan jabatan kepala daerah ini akan diisi oleh pejabat kepala daerah yang berasal dari pimpinan tinggi madya untuk level tingkat gubernur. Sedangkan untuk level Bupati/Walikota, akan diisi oleh pejabat kepala daerah yang berasal dari pimpinan tinggi pratama. (*)

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X