Peringati Hari Antikorupsi Dunia, ICW: Jokowi Gagal Pimpin Agenda Antikorupsi

- Kamis, 9 Desember 2021 | 10:36 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

HALUAN PADANG - Indonesia Corruption Wacth (ICW) menyebut Presiden Jokowi telah gagal memimpin agenda pemberantasan korupsi di Indonesia. Pernyataan tersebut dikeluarkan ICW dalam momentum peringatan Hari Antikorupsi Dunia yang jatuh hari ini, Kamis 9 Desember 2021. 

ICW menilai bahwa Jokowi, berlawanan dengan janjinya untuk menguatkan agenda pemberantasan korupsi, justru tidak mengambil tindakan berarti saat pelemahan agenda antikorupsi seperti revisi UU KPK, terpilihnya komisioner KPK bermasalah, pemecatan puluhan pegawai KPK melalui Tes Wawasan Kebangsaan, terus terjadi.

"Bisa dikatakan, Presiden gagal menjadi panglima besar dalam agenda pemberantasan korupsi," tulis ICW seperti dikutip dari situs resminya, antikorupsi.org.

Di saat bersamaan, ICW melihat kebijakan politik untuk memperkuat agenda pemberantasan korupsi makin meredup. Hal itu menurut ICW dapat dilihat dari tersingkirnya sejumlah regulasi yang penting bagi penguatan agenda antikorupsi di tingkat legislasi.

"Sejumlah regulasi penting seperti Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset, Rancangan Undang-Undang Pembatasan Transaksi Uang Kartal, dan Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi tidak pernah dimasukkan dalam program legislasi nasional prioritas," sambung ICW.

Meredupnya agenda antikorupsi menurut ICW juga tampak dalam aspek penegakan hukum.

Mereka menilai  putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak pengujian materi UU KPK, penghapusan syarat memperketat remisi bagi pelaku korupsi oleh Mahkamah Agung, hingga vonis ringan atas kasus korupsi yang melibatkan pejabat politik sebagai bukti makin dipinggirkannya agenda antikorupsi oleh negara.

Karena semua itu, ICW melihat peringatan Hari Antikorupsi Dunia kali ini  "patut kita rayakan dengan kesedihan."


Editor: Randi Reimena

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X