Bukan Sri Mulyani, Ternyata Ini Sosok yang Minta Anggaran MPR Dipotong Demi Covid-19

- Rabu, 8 Desember 2021 | 18:26 WIB
Gedung DPR RI
Gedung DPR RI

HALUAN PADANG - Anggaran MPR RI yang dari tahun terus mengalami penurunan membuat Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merasa tidak diperhatikan, bahkan pimpinan MPR minta Presiden Jokowi mencopot Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Dibalik kisruh tersebut, ternyata bukan Sri Mulyani yang memangkas anggaran MPR.

Diketahui, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa yang telah memotong anggaran tersebut.

Pengakuan tersebut disampaikan Suharso dalam sambutannya pada acara Awards Desa Cantik 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Sambil berseloroh, politisi PPP itu menuturkan, Sri Mulyani menegurnya saat menghadiri Rapimnas Kadin di Bali pada 3 Desember 2021 lalu.

"Padahal yang memotong anggaran itu bukan di Kementerian Keuangan. Yang memotong anggaran itu di Bappenas. Karena amplopnya itu diberi segitu, otomatis harus kita lakukan sedemikian rupa. Kemarin waktu di Bali, saya pertama kali duduk langsung ditembak Bu Sri Mulyani. Itu yang motong, saya yang kena. Selama ini orang enggak tahu yang motong itu kita di Bappenas," kata Suharso seperti dikutip kumparan dari akun Youtube BPS Statistics, Selasa (7/12).

Menurut Suharso, pemotongan tersebut mau tak mau harus dilakukan.

Hal ini karena anggaran yang terbatas, oleh sebab itu anggaran perlu difokuskan pada pengeluaran yang menjadi prioritas.

"Jadi pura-puranya aja kita dorong di Kementerian Keuangan. Tapi ya amplopnya dikasih segitu, mau bagaimana lagi? Kalau amplopnya ada 2, ada 3, boleh lah," ujarnya.

Mengenai pemangkasan anggaran MPR ini, Sri Mulyani telah menerangkan bahwa semua Kementerian/Lembaga dikurangi anggarannya karena adanya lonjakan kasus Covid-19 di tahun ini.

Anggaran juga difokuskan membantu rakyat miskin dengan meningkatkan bansos, membantu subsidi upah para pekerja dan membantu UMKM akibat mereka tidak dapat bekerja dengan penerapan PPKM level 4.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X