Ratusan Ribu Buruh Bakal Gelar Serangkaian Unjuk Rasa Mulai Hari ini Sampai Empat Hari Kedepan

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi Demonstrasi Buruh (Tempo)
Ilustrasi Demonstrasi Buruh (Tempo)

HALUAN PADANG - Ratusan ribu buruh bakal menggelar serangkaian unjuk rasa, mulai dari hari ini, Senin (6/12) sampai Jumat  (10/12) mendatang. Unjuk rasa akan digelar di berbagai daerah di Indonesia terkait penolakan UMP 2022 dan uji formil atas UU Cipta Kerja.

"Sudah diputuskan aksi buruh di seluruh Indonesia, di setiap provinsi, kabupaten/kota, atau di daerah masing-masing akan terus dilakukan mulai tanggal 6-10 Desember 2021 (selama lima hari)," kata Said Iqbal, dalam konferensi pers virtual KSPI, Jumat (3/11/2021).

Pada tanggal 7 Desember aksi akan dipusatkan di Jakarta. Istana Kepresidenan, Gedung Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta menjadi titik pusat unjuk rasa ratusan ribu buruh dari kawasan Jabodetabek.

"Aksi unjuk rasa nasional pada tanggal 7 Desember ini melibatkan 50-100 ribu buruh dari Jabodetabek - berasal dari 60 federasi, serikat pekerja di tingkat nasional," jelas Said Iqbal.

Baca Juga: Dipersoalkan Buruh, Berikut Hal yang Harus Kamu Tahu Soal UMP Karena Kamu Juga Buruh

Pada tanggal 9 Desember unjuk rasa kembali dikonsentrasikan di daerah.
"(Pada 9 Desember mendatang, tidak ada aksi unjuk rasa nasional tetapi ada aksi unjuk rasa daerah secara serempak," tambah Iqbal.

Rangkaian aksi tersebut ditujukan untuk melayangkan tiga tuntutan. Pertama, buruh meminta pemerintah dan DPR mencabut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Kedua, buruh meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 yang mengatur tentang sistem pengupahan. Beleid tersebut ditolak KSPI karena keberadaannya tidak bisa dijadikan landasan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) karena merupakan aturan turunan dari Undang-undang Cipta Kerja yang telah dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Simak Syarat untuk Mendapatkan Bantuan dari BPJS Bagi Buruh Terkena PHK

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Nama Anak Jokowi Masuk Dalam Bursa Pilgub DKI

Minggu, 9 Januari 2022 | 14:11 WIB

Pengurus ISMI Sumbar Resmi Dilantik, Ini Nama-Namanya

Minggu, 12 Desember 2021 | 17:45 WIB

Jokowi Ingatkan Polri: Jangan Dikit-dikit Tangkap

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:51 WIB
X