Teddy Deska: Dharmasraya Adalah Laboratorium Pemuda di Indonesia

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:29 WIB
Ketua KNPI Sumbar menyerahkan bendera KNPI kepada Ketua KNPI Dharmasraya Terpilih, Teddy Deska Putra
Ketua KNPI Sumbar menyerahkan bendera KNPI kepada Ketua KNPI Dharmasraya Terpilih, Teddy Deska Putra

HALUAN PADANG - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dharmasraya, Teddy Deska menilai Kabupaten Dharmasraya adalah laboratorium pemuda di Indonesia.

Hal demikian ia sampaikan dalam pelantikan dirinya sebagai Ketua DPD KNPI Dharmasraya, Selasa (5/10) pagi WIB. Dalam sambutan itu, Teddy menyinggung sosok Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Bagi dia, Sutan Riska adalah perwajahan pemuda Indonesia saat ini dengan terpilihnya Sutan Riska sebagai pemimpin  termuda  se-antero/Nusantara.

"Sekarang beliau memimpin Bupati  se-Indonesia dibawah payung Apkasi. Jadi, wajar Dharmasraya menjadi tempat mencetak pemuda di Sumatra Barat untuk berkiprah ke tingkat Nasional. Rasanya tidak berkelebihan kalau kita namakan laboratorium pemuda di Indonesia adanya di Dhamasraya," kata Teddy.

Di Sumatera Barat ini, kata Teddy, pemuda juga sudah berperan penting dalam pembangunan daerah dengan menduduki posisi strategis baik di eksekutif dan legislatif, salah satunya adalah Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran.

"Beliau adalah Gubernur pemudanya Sumatra Barat, di sela-sela kesibukan sebagai
Wali Kota Padang Panjang yang selalu memikirkan masyarakat, ia juga memikirkan untuk kemajuan pemuda di Sumatra Barat," ucap Teddy.

Baca Juga: Dilantik Sebagai Ketua KNPI, Teddy Deska Siap Ciptakan Pemuda Dharmasraya yang Berkompeten

Menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Dharmasraya, Teddy sendiri mengakui pemuda saat ini memiliki tantangan besar, yakni salah satunya adalah pandemi Covid-19.

Ia pun berharap, pemuda di Dharmasraya khususnya mampu menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan membangun kepekaan terhadap lingkungan, mempunyai jiwa solidaritas, sehingga semangat gotong royong persatuan dan kesatuan.

"KNPI Dharmasraya sebagai wadah berhimpun dan kaderisasi seluruh elemen pemuda di Dharmasraya serta ujung tombak dari proses pembangunan untuk itu dituntut selalu responsif terhadap perubahan," ucap dia.

Demi mewujudkan hal demikian, ia menyebut tentu dibutuhkan keseragaman gerak demi
perubahan sehingga tercipta pola sinergitas antara KNPI Dharmasraya, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Pemerintahan Daerah.

"Sebab masa depan Kabupaten kita ini ditentukan oleh corak dan karakter pemuda hari ini. Untuk itu kami sebagai generasi muda akan terus belajar pada kaum tua. Kaum tua adalah tempatnya kami bertanya serta memberikan bimbingan terhadap generasi muda. Untuk itu kami sebagai generasi muda yang merupakan Paga Nagari akan mempersiapkan mental untuk masa depan Kabupaten Dharmasraya," jelasnya.

Sebagai pemimpin KNP Dharmasraya, Teddy mengakui bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus ia kerjakan bersama jajarannya. Kedepan, ia menargetkan, KNPI di daerah tersebut bisa memberikan solusi terhadap persoalan ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

"Pekerjaan rumah sudah menanti didepan mata. Terutama persoalan ekonomi yang dihadapi masyarakat pada masa pandemi Covid 19. Pemuda sebagai ujung tombak kepeloporan dituntut untuk memberikan solusinya untuk mengaktualisasikan jiwa dan ilmunya sebagai entrepreneurship," pungkasnya kemudian.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Mardani H Maming Masuk Bursa Capres 2024 dari PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:58 WIB

Pandemi Bikin Pemko Padang Terpaksa Ubah RPJMD 2019-2024

Kamis, 16 September 2021 | 09:15 WIB

Hingga Agustus, Capaian PAD Padang Baru 37 Persen

Minggu, 5 September 2021 | 17:15 WIB

Nanda Satria Siap Lanjutkan Kepemimpinan Fadly Amran

Jumat, 3 September 2021 | 19:43 WIB

Terpopuler

X