Nanda Satria Siap Lanjutkan Kepemimpinan Fadly Amran

- Jumat, 3 September 2021 | 19:43 WIB
Fadly Amran dan Nanda Satria
Fadly Amran dan Nanda Satria

HALUANPADANG - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merupakan organisasi kepemudaan tertinggi di Indonesia. Marwah kepemudaan di tanah air berada di pundak KNPI.

KNPI sendiri adalah organisasi yang lahir dengan semangat membangun kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Lahir dari idealisme kepemudaan, KNPI memiliki peran penting menjaga trah dan kemandirian pemuda dalam menjalankan fungsi kepemudaan terhadap masalah-masalah nasional dan daerah.

Di Sumatera Barat sendiri, KNPI dinilai membutuhkan sosok pemimpin yang progresif, komunikatif dan memiliki nilai-nilai ke-Minang-an di dalam dirinya, begitu pendapat Tokoh Pemuda Payakumbuh, Ahmad Ghani.

"KNPI adalah organisasi tertinggi di kepemudaan. Dengan tumpuan sebesar itu, KNPI butuh sosok yang komunikatif dan minang banget, tajam dalam berfikir, cakap pula dalam berkomunikasi," katanya.

Ia menilai, progresifitas menjadi nilai yang sangat penting dalam pengkaderan organisasi kepemudaan. Apalagi, saat ini pemuda di Sumbar bahkan di Indonesia memiliki tugas yang berat menjaga nilai-nilai kebangsaan tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan Mahyeldi Memilih Bungkam dalam Polemik Surat Minta Sumbangan Bertandatangan Gubernur

"Menurut saya pribadi, dalam pengkaderan yang paling penting progresifitas. Artinya sosok pemuda itu mampu lewati semua proses dari bawah tidak serta merta ada, dan pandai meletakkan sesuatu pada temnpatnya," sebut dia.

Di tubuh KNPI Sumbar, Ahmad Ghani menemukan nilai-nilai demikian dalam diri seorang Nanda Satria. Sosok yang digadang-gadang menjadi suksesor Fadly Amran yang kini menjabat sebagai Walikota Padang Panjang di tampuk pimpinan tertinggi KNPI Sumbar.

"Nanda dalam perjalan hidupnya menjadi harapan baru bagi DPD KNPI dan OKP, Secara pengalaman, ia adalah pemuda progresif yang memulai karir secara bertahap. Benar-benar mulai dari bawah," tutur Gani.

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Jokowi Ingatkan Polri: Jangan Dikit-dikit Tangkap

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:51 WIB

Sah! Nanda Satria Terpilih Jadi Ketua KNPI Sumbar

Senin, 8 November 2021 | 20:12 WIB
X