Penyebab Marc Marquez Kecelakaan di MotoGP 2022, Bos Repsol Honda 'Salahkan' Sirkuit Mandalika?

- Rabu, 30 Maret 2022 | 13:30 WIB
Pembalap MotoGP Marc Marquez.(dok/Instagram @marcmarquez93)
Pembalap MotoGP Marc Marquez.(dok/Instagram @marcmarquez93)

HALUANPADANG - Bos Repsol Honda, Alberto Puig, secara terang-terangan menyebut Sirkuit Mandalika berbeda dengan Sirkuit Buriram dan Sirkuit Red Bull Ring.

Komentar itu dikeluarkan setelah kecelakaan parah yang dialami Marc Marquez di sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022, Minggu 20 Maret 2022.

Apakah ini pertanda pria 55 tahun itu menyalahkan Sirkuit Mandalika sebagai penyebab kecelakaan Marc Marquez? Pria asal Spanyol itu tidak menyalahkan Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Bukan di Mandalika, Ini Fakta Video Viral Marc Marquez Joget Dangdut Bareng Biduan

Ia menyalahkan pemasok ban MotoGP 2022, Michelin, yang salah membawa ban. Sekadar diketahui, Michelin membawa jenis ban yang digunakan para pembalap MotoGP saat melibas Sirkuit Buriram dan Red Bull Ring pada 2017 dan 2018.

Praktis hal itu mengejutkan Alberto Puig. Sebab, secara layout lintasan, Sirkuit Mandalika berbeda ketimbang Buriram dan Red Bull Ring.

Red Bull Ring dan Buriram memiliki banyak lintasan lurus panjang. Hal itu berbeda dengan Sirkuit Mandalika yang lebih banyak tikungan cepat ketimbang lintasan lurus panjang.

Layout lintasan pun berpengaruh kepada suhu ban. Akibat salah membawa tipe ban, banyak pembalap yang jatuh di awal-awal balapan.

Baca Juga: Marc Marquez Unggah Selfie Tiba di Indonesia, Siap Jajal Sirkuit Mandalika

“Ban yang dibawa Michelin untuk GP Indonesia pernah dipakai di Thailand dan Austria beberapa tahun lalu (2017/2018), trek yang memiliki lintasan lurus panjang. Mandalika adalah sirkuit yang sama sekali berbeda, Ini adalah trek di mana tidak memiliki banyak lintasan lurus panjang dan lebih banyak tikungan,” kata Alberto Puig dari dikutip laman Motorsport, Selasa (29/3/2022).

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Greysia Polii Putuskan Gantung Raket

Jumat, 3 Juni 2022 | 17:41 WIB

Terpopuler

X