Membanggakan! Atlit Parabulutangkis Asal Riau Pecahkan Rekor Dunia

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:30 WIB
Leani Ratri Oktila peraih gelar pemain parabulutangkis putri terbaik tiga kali berturut-turut (Ig Leani Ratri Oktila)
Leani Ratri Oktila peraih gelar pemain parabulutangkis putri terbaik tiga kali berturut-turut (Ig Leani Ratri Oktila)

HALUAN PADANG - Atlit parabulutangkis asal Kampar, Riau Leani Ratri Oktila kembali terpilih sebagai atlit parabulutangkis putri terbaik tahun 2020/2021 oleh federasi bulutangkis dunia Badminton World Federation (BWF). Gelar tersebut ia terima pada malam puncak penobatan Player of The Year 2020/2021, di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (3/12).

Gelar pemain parabulutangkis putri terbaik ini adalah gelar ketiga yang diraih Leani. Raihan tiga kali berturut-turut ini merupakan rekor dunia baru. Semenjak tahun 2015, belum ada pemain parabulutangkis putri yang bisa melakukannya. 

Bersama dengan wakil Indonesia lainnya di kategori ganda putri yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu Leani kembali terpilih sebagai pemain parabulutangkis terbaik.

Leani mengungguli atlit terbaik parabulutangkis lainnya seperti dua pebulutangkis China, Cheng Hefang dan Liu Yutong, Faustine Noel dari Prancis, Sujirat Pookham (Thailand) dan Sarina Satomi dari Jepang.

"Saya bangga bisa terpilih sebagai BWF Female Para Badminton Player of The Year untuk tahun ini sekaligus merupakan penghargaan ketiga bagi saya dalam tiga tahun berturut-turut," ucap Ratri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/12) lalu.

Leani Ratri Oktila saat menerima penghargaan pemain parabulutangkis putri terbaik BWF 2019 (Wikipedia)

Parabulutangkis sendiri ialah sebutan untuk atlit bulutangkis penyandang disabilitas. Atlit-atlit parabulutangkis memiliki turnamen tersendiri, mulai dari tingkat lokal, nasional sampai internasional seperti Kejuaraan Dunia Parabadminton atau BWF Para-Badminton World Championships adalah turnamen utama untuk atlet difabel.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020 lalu Leani bermain di empat cabang parabulutangkis yakni tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 berpasangan Khalimatus Sadiyah, dan ganda campuran SL3-SU5 yang berpasangan Hary Susanto. Saat itu ia beroleh 2 emas dan satu perak. Pada Pekan Paralimpiade  Nasional (Pepernas) XVI Papua 2021 lalu, Leani berhasil mendapatkan emas di kategori tunggal putri.

Sejak pertamakali dihelat pada 2015, sampai 2018, penerima pemain parabulutangkis putri terbaik selalu berganti. Pada 2015, atlit parabulutangkis terbaik adalah  Helle Sofie Sagoy asal Norwegia. Tahun berikutnya diraih pemain asal Swiss Karin, dan pada tahun 2018, gelar tersebut direbut oleh  Amnuay Wetwithan atlit asal Thailand. Namun sejak 2019 sampai kini, Indonesia telah mendominasi ajang tersebut. (*)

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Taekwondo Sumbangkan Medali Emas Kedua Sumbar

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:58 WIB
X