Mengenal LADI, Lembaga yang Dikritik Setelah Merah Putih Tak Boleh Berkibar di Final Piala Thomas

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:20 WIB
Kemenangan tim bulu tangkis Indonesia di ajang kejuaraan internasional Thomas Cup 2020. (instagram.com/badminton.ina)
Kemenangan tim bulu tangkis Indonesia di ajang kejuaraan internasional Thomas Cup 2020. (instagram.com/badminton.ina)

Haluan Padang--Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas setelah penantian kurang lebih selama 20 tahun. Piala bergengsi untuk pebulutangkis putra tersebut diraih kontingen Indonesia setelah berhasil mengalahkan China di partai final. Dengan pencapaian tersebut, Indonesia menjadi peraih Piala Thomas terbanyak dengan 14 trofi, dengan China sebagai saingan terdekat yang mengoleksi 10 trofi.

Meski mencatatkan prestasi, bendera Indonesia tidak berkibar ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh Tim Indonesia. Kondisi tersebut dikarenakan bendera merah putih dilarang berkibar oleh BWF (Badminton World Federation). Sebagai gantinya, bendera Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berkibar mengiringi lagu kebangsaan.

Hal tersebut disebabkan Indonesia mendapatkan sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA) karena dinilai tidak patuh kepada aturan antidoping yang diterapkan. Surat dari WADA menyebutkan Indonesia tidak mematuhi penegakan standar anti-doping karena tidak mengikuti Test Doping Plan (TDP) yang dibuat pada 2020. Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) tidak dapat mengirimkan jumlah sample sesuai dengan TDP (Test Doping Planning).

Menanggapi surat tersebut, pada 8 Oktober 2021 Kemenpora segera melakukan koordinasi dengan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) untuk mengklarifikasi bahwa pada 2020, LADI tidak dapat mengirimkan jumlah sample sesuai dengan TDP (Test Doping Planning) karena kegiatan-kegiatan olahraga terhenti sejak pandemi COVID-19 menjangkau Indonesia pada Maret 2020.

Menurut Menpora, target sampel diharapkan bisa terpenuhi dari pelaksanaan PON XX Papua yang masih berlangsung. Apabila target tersebut tidak terpenuhi, maka Indonesia terancam tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga regional, kontinental, atau dunia. Selain itu, WADA juga mencabut hak suara pengurus LADI di dalam kepengurusan WADA.

Akibat kejadian ini kritik terus berdatangan   untuk LADI, meski LADI (dan Kemenpora) telah menyampaikan permintaan maaf. Sejumlah pihak mendesak pemerintah membenahi lembaga yang dipimpin Musthofa Fauzi itu. Warganet yang geram melontarkan berbagai bentuk kecaman. Legenda bulutangkis nasional Taufik Hidayat melalui Instagram-nya juga ikut berkomentar, “ada apa dengan LADI dan pemerintah kita?”

Fungsi dan Peran LADI dalam Perolahragaan Nasional

Bagaimana fungsi dan  peran LADI dalam perolahragaan di Indonesia? 

Berdasarkan Peraturan Menteri pemuda dan Olahraga (Permenpora) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021, LADI adalah satuan tugas di lingkungan Kemenpora tingkat nasional yang berperan membantu Menteri dalam pelaksanaan ketentuan antidoping di Indonesia.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Taekwondo Sumbangkan Medali Emas Kedua Sumbar

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:58 WIB
X