Inilah Alasan Bendera Merah Putih Tidak Berkibar di Ajang Thomas Cup 2020

- Senin, 18 Oktober 2021 | 13:30 WIB
Momen saat Indonesia mengangkat trofi Piala Thomas 2020. (Twitter @BadmintonTalk)
Momen saat Indonesia mengangkat trofi Piala Thomas 2020. (Twitter @BadmintonTalk)

HALUANPADANG.COM - Setelah 19 tahun tak pernah menjuarai ajang Thomas Cup, akhirnya Indonesia kembali merengkuh piala tersebut pada tahun. Kemenangan Indonesia dipastikan oleh Jonathan Chirstie pada pertandingan yang digelar di Ceres Arena pada minggu, 17 Oktober 2021 malam WIB.

Meskipun berhasil menjadi juara, bendera Indonesia tidak bisa berkibar. Sebagai gantinya, bendera Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) lah yang berkibar pada ajang tersebut.

Tidak berkibarnya bendera merah putih di ajang Thomas Cup lantaran Indonesia mendapat sanksi dari Lembaga Anti Doping Dunia (WADA). Tak hanya Indonesia, di Asia Tenggara ada Thailand yang juga mendapatkan hukuman serupa.

Pangkal masalahnya adalah Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang tidak patuh pada penegakan standar anti-doping karena tidak mengikuti Test Doping Plan (TDP) yang dibuat pada 2020.

Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan memberikan kritik kerasa kepada LADI atas apa yang terjadi. Menurut Putra hal semacam ini tidak perlu terjadi.

“Apa sulitnya LADI, sebagai lembaga anti-doping Indonesia menyurati WADA, untuk memberitahukan kondisi kompetisi di Indonesia yang terhenti akibat pandemi sehingga tidak bisa memenuhi ketentuan 700 sampel,” kata Putra.(*)

Editor: Emen HLN

Terkini

Taekwondo Sumbangkan Medali Emas Kedua Sumbar

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:58 WIB
X