Bawakan Naskah Umbuik Mudo, Alang Babeba Masuk Lima Terbaik Festival Randai 2021

- Kamis, 9 September 2021 | 21:06 WIB
Foto bersama Grup Randai Alang Babega Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto di Taman Budaya, Padang, Kamis (9/9).
Foto bersama Grup Randai Alang Babega Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto di Taman Budaya, Padang, Kamis (9/9).

HALUANPADANG.COM - Grup Randai Alang Babega, Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto masuk dalam lima grup terbaik di ajang Festival Randai Sumatera Barat tahun 2021. Dalam festival tersebut Grup Randai Alang Babega Desa Talawi Hilie membawakan naskah Umbuik Mudo.

Sementara itu, empat grup lainnya yaitu Mustika Minang dari Kota Pariaman, Sumarak Rumah Nan Gadang dari Dharmasraya, Saedar Janela Balubus dari Kabupaten Limapuluh Kota dan satu grup randai dari Padang.

Mengukir prestasi di tingkat Sumbar tentu menjadi kebanggaan masyarakat Sawahlunto khususnya Desa Talawi Hilie. Kepala Desa Talawi Hilie Ferdian Irwan mengucapkan rasa bangga dan sukur atas prestasi tersebut.

Ferdian berharap semoga prestasi yang diraih menjadi penambah semangat bagi generasi muda dalam melakukan hal-hal yang positif dan menjaga tradisi di tengah gempuran kemajuan zaman.

"Kami atas nama Pemerintah Desa Talawi Hilie mengucapkan terimakasih kepada wali kota, wakil wali kota, anggota DPRD, donatur dan seluruh masyarakat Sawahlunto atas dukungan dan doanya," katanya di Padang, Kamis (9/9).

Baca Juga: Terkait Pajak Perikanan, DPR RI Minta Pemerintah Pusat Hapus Retribusi Lelang Ikan di Daerah

Ia mengungkapkan, Randai merupakan seni tradisi yang harus dijaga dan harus diturunkan ke generasi muda. "Kalau ndak kito siapo lai, kalau ndak kini bilo lai (kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi) melestarikan kesenian Tradisional Minangkabau," ujarnya.

"Alhamdulillah syukur kepada Allah atas takdirnya masih berkenan Talawi Hilie untuk mengukir prestasi dalam ajang Festival Randai tingkat Provinsi Sumatera Barat," kata Ferdian.

Pelatih Grup Randai Alang Babega, Desa Talawi Hilie Masril juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah tampil maksimal. "Prestasi ini mampu kita pertahankan seperti tahun 2020 kemarin berkat kebersamaan dan kekompakan kita," katanya.

Diketahui, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Padang yang berada di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat menggelar Festival Randai se-Sumatera Barat. Kegiatan yang digelar sejak tanggal 7 hingga 9 September di Taman Budaya tersebut, diikuti oleh 18 sanggar randai, bertujuan melestarikan budaya randai pada generasi muda.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Taekwondo Sumbangkan Medali Emas Kedua Sumbar

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:58 WIB
X