Pertama Di Dunia, Ilmuwan Muda Singapura Ini Ciptakan Wine Dari Kedelai

- Minggu, 6 Februari 2022 | 12:30 WIB
Ilmuwan Muda Singapura, Chua Jian Yong yang berhasil menemukan Wine kedelai
Ilmuwan Muda Singapura, Chua Jian Yong yang berhasil menemukan Wine kedelai

Haluan Padang - Penemuan tidak sengaja berbuah hasil manis berasal dari Ilmuwan asal Singapura, Chua Jian Yong, seorang Instruktur di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Nasional Singapura.

Chua secara tidak sengaja berhasil menemukan komponen alkohol di dalam Kacang Kedelai. ia pun melakukan pengujian lebih lanjut dan berhasil menciptakan minuman beralkohol dari Kedelai tersebut. Minuman inipun dinamakan dengan Sachi.

Awalnya, Chua yang ingin mengejar gelar PhD, melakukan pengujian terhadap komponen Soy Whey yang terkandung dalam kedelai.

Baca Juga: Ilmuwan Cina Temukan Virus Covid-19 Varian NeoCov, WHO: Perlu Penelitian Lebih Lanjut

Diketahui Soy Whey merupakan produk sampingan yang bergizi yang dihasikan dari pembuatan tahu.

Chua melihat banyak produsen tahu yang membuang Soy Whey begitu saja. Padahal Soy Whey kaya akan serat makanan. Soy Whey juga banyak digunakan oleh produsen Susu dan Es krim.

Diapun memutuskan untuk mengubah Soy Whey menjadi produk makanan yang berkelanjutan. Chua mengumpulkan whey kedelai dari pabrik tahu dan menyuntiknya dengan ragi untuk memulai fermentasi dan ternyata menghasilkan alkohol.

Fermentasi yang dilakukannya berlangsung selama 18 hingga 38 hari. Kemudian Chua mengehentikan proses Fermentasi dengan pemanasan kilat untuk membunuh ragi.

Baca Juga: Ilmuwan Teliti Mumi Firaun, Ternyata Ini Isi Dalamnya

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sutradara Ungkap, Squid Game Resmi Lanjut ke Season 2

Kamis, 11 November 2021 | 10:47 WIB

Terpopuler

X