Corona di Korea Utara Mulai Makan Korban, Kim Jong Un Kini Pakai Masker

- Minggu, 15 Mei 2022 | 12:45 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggunakan masker akibat lonjakan kasus Covid-19 di Korut (APTN)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggunakan masker akibat lonjakan kasus Covid-19 di Korut (APTN)

HALUAN PADANG - Kim Jong Un mulai memakai masker untuk pertama kalinya setelah Korea Utara mengkonfirmasi wabah Covid-19.

Pemimpin Korea Utara itu mengenakan masker saat menghadiri pertemuan tentang wabah Covid-19 pekan ini. Sayangnya waktu rapat digelar tak disebutkan dengan rinci.

Sehari setelah Korea Utara mengkonfirmasi kasus Covid 'pertama', pemimpin Kim Jong Un menggunakan masker pada pertemuan untuk membahas wabah Corona di negara itu.

Baca Juga: Uji Rudal Hwasong-17, Kim Jong Un Bergaya ala Tom Cruise

Sebelumnya Korea Utara mengklaim bahwa tidak ada satu pun kasus Covid-19 dalam dua tahun terakhir ketika pandemi melanda seluruh dunia.

Dilansir dari India Today, setelah kasus pertama Covid-19 terdeteksi, Kim Jong Un menyerukan penguncian kota dan kabupaten secara menyeluruh. Ia mengatakan tempat kerja harus diisolasi oleh unit untuk memblokir penyebaran virus.

Menyebarnya wabah Covid-19 di Korea Utara memiliki konsekuensi serius. Sebabnya negara itu memiliki sistem perawatan kesehatan yang buruk. Sebanyak 26 juta rakyat Korea Utara diyakini sebagian besar tidak divaksinasi.

Kim Jong Un menyatakan negaranya akan bertempur habis-habisan untuk mengatasi penyebaran virus Corona. Pada Sabtu, 14 Mei 2022, tercatat ada 21 kematian dilaporkan dari orang-orang yang sebelumnnya menderita demam.

Baca Juga: Arahkan ke Jepang, Korea Utara Langsung Luncurkan Rudal Setelah Umumkan Kasus COVID-19 Perdana

"Penyebaran epidemi ganas adalah gejolak besar yang menimpa negara kita sejak didirikan," kata Kim Jong Un dikutip dari kantor berita negara KCNA, dalam pertemuan darurat Partai Buruh yang berkuasa di negara itu.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Terpopuler

X