Ngeri! Suhu di Pakistan Hampir Mencapai 50 Derajat Celcius

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:23 WIB
Suhu panas melanda Pakistan
Suhu panas melanda Pakistan

HALUAN PADANG - Pakistan mengalami gelombang panas dengan suhu mencapai hampir 50 derajat celcius. Para pejabat memperingatkan, Pakistan akan mengalami kekurangan air yang akut dan ancaman kesehatan.

Sebagian besar wilayah Pakistan telah diselimuti oleh suhu tinggi sejak akhir April. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan, peningkatan suhu terjadi akibat dampak perubahan iklim.

Pada Kamis (12/5/2022), suhu Kota Jacobabad di Provinsi Sindh mencapai 49,5 derajat celcius. Departemen Meteorologi Pakistan (PMD) memperkirakan suhu akan tetap sama hingga akhir minggu.

Secara nasional, PMD memperingatkan seluruh wilayah di Pakistan mengalami kenaikan suhu antara 6 derajat celcius dan 9 derajat celcius di atas normal Ibu kota Islamabad, serta hub provinsi Karachi, Lahore dan Peshawar, mencatat suhu sekitar 40 derajat celcius pada Jumat (13/5/2022) sore.

Baca Juga: Covid Varian Baru Muncul, Penyintas Omicron Bisa Kena Lagi?

“Tahun ini kami telah melompat dari musim dingin ke musim panas,” kata Kepala PMD Zaheer Ahmad Babar, dilansir Aljazirah, Sabtu (14/5/2022)

Babat mengatakan, Pakistan telah mengalami gelombang panas yang meningkat sejak 2015, terutama di Provinsi Sindh atas dan sebelah seelatan Provinsi Punjab. “Intensitasnya meningkat, durasinya meningkat, dan frekuensinya meningkat,” katanya.

Juru bicara irigasi Provinsi Punjab Adnan Hassan mengatakan, sungai Indus, yang merupakan jalur air utama Pakistan, telah menyusut 65 persen karena kurangnya hujan dan salju.

Domba dilaporkan mati karena sengatan panas dan dehidrasi di Gurun Cholistan, Punjab. Ini adalah provinsi terpadat di Pakistan yang juga berfungsi sebagai lumbung pangan nasional.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Republika

Tags

Terkini

X