Algojo Profesi Resmi di Arab Saudi, Segini Gajinya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:15 WIB
Algojo Hukuman Mati. (BBC.)
Algojo Hukuman Mati. (BBC.)

HALUAN PADANG - Arab Saudi merupakan negara yang menjunjung tinggi syariat Islam, dengan mendasarkan segala bentuk hukuman sesuai dengan apa yang tertera pada kitab suci Al Qur’an.

Diantaranya seperti bagi pelaku pembunuhan akan mendapat hukuman penggal kepala, sedangkan untuk mencuri akan dipotong tangannya.

Dari hukum tersebut tentunya ada seseorang yang bertugas untuk melakukan pengeksekusian bagi para pelanggar hukum, profesi ini biasa kita kenal sebagai algojo.

Baca Juga: Kabar Baik, Raja Arab Saudi Umumkan Pembukaan Penuh Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Algojo merupakan pekerjaan resmi di Arab Saudi, yang pastinya mendapat gaji dari pemerintah.

Untuk menjadi algojo di arab Saudi tidak memerlukan keterampilan atau latar belakang pendidikan khusus, pekerjaannya hanya menjalankan hukuman eksekusi yang telah ditetapkan oleh pengadilan setempat.

Meskipun tidak memerlukan keahlian khusus, menjadi algojo diperlukan mental dan keteguhan hati yang kuat, mengingat pekerjaan ini berkaitan dengan nyawa seseorang.

Fokus yang tinggi dan tetap bersikap tenang juga sangat diperlukan dalam pekerjaan ini, supaya ketika melakukan eksekusi tidak memotong bagian yang salah.

Baca Juga: Serangan Balik, Arab Saudi Bombardir Markas Houthi di Yaman

Arab Saudi sampai saat ini masih mempertahankan cara tradisional dalam melakukan eksekusi, kecuali apabila pelanggar hukum adalah wanita yang memakai hijab, barulah dilakukan hukuman tembak mati.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X