Arahkan ke Jepang, Korea Utara Langsung Luncurkan Rudal Setelah Umumkan Kasus COVID-19 Perdana

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:17 WIB
Ilustrasi rudal Korea Utara /dailyrecord
Ilustrasi rudal Korea Utara /dailyrecord

HALUAN PADANG - Korea Utara kembali menggelar uji coba rudal balistik pada Kamis 12 Mei 2022. Pyongyang dilaporkan menembakkan tiga rudal dari wilayah Sunan di pantai timurnya.

Peluncuran rudal ini berlangsung di hari yang sama dengan diumumkannya kasus COVID-19 pertama di negara itu disertai dengan pemberlakuan lockdown nasional.

Seperti dilansir Al Jazeera, rudal ditembakkan ke lepas pantai timur ke Laut Jepang dan menjadi uji coba rudal ke-16 Korut sepanjang 2022.

Baca Juga: Tepat Sebulan Invasi Rusia ke Ukraina, Korea Utara Tembakkan Rudal Antar Benua

Meski belum ada pernyataan resmi dari Korea Utara, kantor Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga membenarkan peluncuran tersebut."Lebih banyak pembaruan untuk diikuti," katanya dalam posting Twitter.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan juga melaporkan uji coba terbaru ini, namun tidak ada penjelasan terperinci. Hal serupa disampaikan Penjaga Pantai Jepang yang menyatakan proyektil yang diyakini sebagai rudal balistik jatuh di luar wilayah perairannya.

Adapun presiden baru Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang baru dilantik dua hari lalu di Seoul mengatakan segera mengadakan pertemuan dewan keamanan nasionalnya.

Baca Juga: Korea Utara Masih Klaim Nol Kasus COVID-19 Sejak Dua Tahun Pandemi

Korut terakhir menguji coba rudal pada Sabtu pekan lalu, yakni proyektil balistik ditembakkan dari kapal selam. Pemimpin Korut Kim Jong Un pada bulan lalu berjanji akan mempercepat pembangunan persenjataan nuklir di tengah mandeknya pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Amerika Serikat yakin Korut sedang mempersiapkan uji coba senjata nuklir, menyusul peningkatan aktivitas di sebuah fasilitas. Jepang dan Korsel juga meyakini uji coba senjata nuklir Korea Utara bakal dilakukan bulan ini.(*)

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

X