Profil Ferdinand Romualdez Marcos Jr, Anak Eks Diktator yang Menang Pemilu Filipina

- Rabu, 11 Mei 2022 | 09:20 WIB
Ferdinand Romualdez Marcos Jr
Ferdinand Romualdez Marcos Jr

 

HALUAN PADANG - Ferdinand Marcos Jr. unggul dalam pemilihan Presiden Filipina, Senin (9/5/2022). Putra diktator yang juga mantan presiden Ferdinand Marcos Sr. itu memenangkan pemilu dengan suara telak.

Bongbong, nama panggilan Marcos Jr., berpasangan dengan Sara Duterte-Carpio, anak dari Rodrigo Roa Duterte yang menjabat sebagai presiden saat ini.

Marcos Jr. dilaporkan menang dengan hampir 30 juta suara. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat penghitungan saingan terdekatnya yang juga wakil presiden saat ini, Leni Robredo. Dengan latar belakang yang cukup kontras, Robredo merupakan mantan pengacara hak asasi manusia.

Marcos Jr. sendiri merupakan sosok dengan sejarah keluarga yang kontroversial. Dia adalah putra seorang diktator yang terlibat dalam korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia, dan digulingkan setelah dua dekade berkuasa di salah satu negara Asia Tenggara itu.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang Bongbong dan Sara yang akan menjabat pada Juni mendatang, dilansir dari berbagai sumber.

Ferdinand Romualdez Marcos Jr.

Pria kelahiran 13 September 1957 dan kini berusia 64 ini adalah satu-satunya putra Ferdinand Marcos, yang memerintah Filipina dari tahun 1965 hingga 1986.

"Ayah saya ingin saya masuk politik... Dia semacam memaksa saya dan mendorong ke arah itu," kata Marcos Jr. dalam sebuah wawancara pada tahun 2017, sebagaimana dikutip oleh Bloomberg.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X