Pertama Kali Digelar di Israel, Miss Universe 2021 Tuai Kontroversi

- Selasa, 30 November 2021 | 09:56 WIB

HALUAN PADANG – Ajang kecantikan Miss Universe ke-70 yang akan berlangsung pada Desember 2021 menuai kritik dan boikot. Pasalnya, kontes kecantikan ini untuk pertama kalinya digelar di Israel.

Zwelivelile Mandla Mandela, Cucu Nelson Mandela yang merupakan seorang aktivis, serukan untuk negara-negara di Afrika agar mengecam Miss Universe 2021 di Israel. Ia meminta untuk pemenang Miss Universe Afrika 2021, Lalela Mswane, dan para Miss Universe Afrika dari tahun-tahun sebelumnya untuk memboikot gelaran tersebut.

"Pendudukan dan perlakuan kejam terhadap warga Palestina di tangan rezim apartheid Israel. Tidak ada hal yang baik tentang pendudukan militer, kebrutalan dan diskriminasi yang yang dilakukan terhadap rakyat Palestina," ucap Mandla, seperti dikutip dari Wolipop.

Sementara itu kontestan asal Yunani, Rafaela Plastira, mengundurkan diri dari ajang tersebut.

I am dissapointed in miss universe for this!” tulis Miss Yunani 2019 itu dalam unggahan di Instagram miliknya.

It was a childhood dream for me but I really don’t care. I CARE about my people. Humanity ABOVE Beauty Pageants!” lanjutnya.

Baca Juga: Digelar di Israel, Indonesia Pastikan Tidak Ikut Serta dalam Miss Universe 2021

Organisasi Miss Universe Malaysia mengungkapkan bahwa mereka juga menolak mengirimkan wakil mereka ke ajang Miss Universe 2021 ke Israel.

Selain karena isu tersebut, Miss Universe Malaysia 2021 juga tidak menggelar kompetisi kecantikan tersebut di tahun ini karena tingginya kasus Corona.

Demikian pula dengan Afrika Selatan. Pemerintah Afrika Selatan mengatakan telah menarik dukungan untuk kontestannya untuk berpartisipasi dalam gelaran Miss Universe 2022.

Ramainya seruan boikot Miss Universe 2021 merupakan dampak dari konflik Israel-Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Omicron Menggila di China, 34 Juta Warga Dikurung

Kamis, 13 Januari 2022 | 08:46 WIB
X