Sampaikan Pesan Perdamaian, Masjid di India Ijinkan Non-Muslim Masuk dan Hadiri Salat Jumat

- Minggu, 28 November 2021 | 14:03 WIB
Suasana saat Salat Jumat di Masjid Markaz,  26 November 2021,  (Thuosif.com)
Suasana saat Salat Jumat di Masjid Markaz, 26 November 2021, (Thuosif.com)

 

HALUAN PADANG - Ibadah salat Jumat yang diadakandi Masjid Markaz, Alapuzha, India, agak berbeda dari masjid pada umumnya. Di sana, para warga non-Muslim diperbolehkan hadir untuk mendengarkan khotbah.

Pada pelaksanan salat Jumat pada 26 November 2021, pengelola masjid menyiapkan tempat duduk khusus untuk sekitar 100 orang non-Muslim.

Menurut pihak Masjid Markaz langkah mengundang para pemimpin dari berbagai agama, pejabat pemerintah dan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat bertujuan untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa semua harus hidup berdampingan secara damai di dunia.

Mengutip Times of India, Sabtu (27/11/2021), masjid di wilayah Kerala ini ingin mengirimkan pesan kerukunan bersama. Orang-orang non-Muslim yang diundang merupakan perwakilan komunitas Kristen dan Hindu.

Dengan kehadiran itu, mereka dapat mendengarkan khotbah singkat dan menyaksikan ibadah salat Jumat umat Islam.

Acara khusus ini dirancang di tengah  perbincangan publik tentang topik seperti "halal" dan "jihad", yang menimbulkan ancaman bagi negara serta kerukunan bersama.

Imam Abdul Hakkim Panavally memimpin salat dan menyampaikan khotbah singkat, diikuti dengan interaksi singkat dengan orang-orang yang hadir.

Pastor Christopher M Arthaseril, vikaris gereja Puthenkadu di Alappuzha, mengatakan bahwa dia hadir di masjid dan menyaksikan salat Jumat untuk pertama kalinya. Dia juga mengatakan bahwa dia selalu ingin melihat bagian dalam masjid dan menyaksikan ritual salat.

Mantan menteri G Sudhakaran juga hadir. Para tamu disajikan makanan setelah sesi ibadah. (*)


Halaman:

Editor: Randi Reimena

Sumber: Pikiran Rakyat

Terkini

Omicron Menggila di China, 34 Juta Warga Dikurung

Kamis, 13 Januari 2022 | 08:46 WIB
X