Akhirnya Jamaah di Masjidil Haram Bisa Merapatkan Saf Salat

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:39 WIB
Kabah Mekkah Arab Saudi (istimewa)
Kabah Mekkah Arab Saudi (istimewa)

HALUANPADANG.COM - Hari ini 17 Oktober 2021, Kerajaan Arab Saudi resmi menerapkan aturan tindakan pencegahan kesehatan yang baru. Aturan baru ini membuat para jamaah di Masjidil Haram bisa merasakan rapatnya saf salat seperti sebelum dilanda Pandemi Covid-19.

Rapatnya saf salat di Masjidil Haram, menjadi yang pertama setelah lebih dari satu tahun harus beribadah dengan menjaga jarak.

Saat salat Subuh 17 Oktober 2021, Imam Masjidil Haram Syekh Bandar bin Abdul Aziz memerintahkan jemaah untuk merapatkan saf salatnya.

“Untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun, Imam di Masjid Al Haram menginstruksikan peziarah untuk 'meluruskan dan menutup celah' selama salat Subuh,” tulis akun Instagram @haramain_info yang dikuti dari pikiranrakyat.com pada Minggu (17/10)

“Pembatasan utama dan tindakan pencegahan telah dihapuskan karena Masjidil Haram kembali ke kapasitas penuh,” lanjutnya.

Namun, ketika jemaah ingin beribadah di Masjidil Haram para penjaga akan memeriksa dan memverifikasi jemaah bahwa telah sepenuhnya divaksin.

Dalam aturan baru tersebut, Kerajaan Arab Saudi tidak lagi mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker di ruang terbuka. Kendati demikian, masker masih digunakan di tempat terlarang dan tempat tertutup. 

“Memakai masker tidak lagi wajib di tempat terbuka - kecuali di tempat-tempat terlarang - sambil tetap wajib dipakai di tempat tertutup,” kata akun Instagram @haramain_info pada 15 Oktober 2021.

Selain itu, peraturan ini juga telah mengizinkan masyarakat untuk menggunakan kapasitas penuh di tempat umum, sarana transportasi, dan restoran.(*)

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X