Taliban Pastikan China Sebagai Mitra Utama Membangun Afghanistan

- Jumat, 3 September 2021 | 16:34 WIB
Pemimpin Taliban (kiri) dan Menlu China Wang Yi (kanan) berfoto bersama usai menggelar pertemuan dalam rangka membahas kerjasama pembangunan Afghanistan. /Reuters
Pemimpin Taliban (kiri) dan Menlu China Wang Yi (kanan) berfoto bersama usai menggelar pertemuan dalam rangka membahas kerjasama pembangunan Afghanistan. /Reuters

HALUANPADANG.COM – Hubungan antara China dengan Taliban, yang beberapa waktu lalu mengambil alih pemerintahan Afghanistan, tampak kian mesra. Bahkan, Taliban tanpa sungkan-sungkan menyebut China sebagai mitra mereka dalam membangun Afghanistan ke depannya.

China disebutkan sebagai negara yang sangat peduli dengan kemajuan Afhanistan. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid China akan membantu membangun kembali Afghanistan.

China akan menjadi mitra utama kami dan merupakan peluang besar bagi kami karena siap untuk berinvestasi di negara kami dan mendukung upaya rekonstruksi,” kata Zabihullah Mujahid, dikutip dari Anadolu Agency, 3 September 2021.

Baca Juga: Puluhan Orang Tewas Akibat Baku Tembak dan Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul, Afghanistan

Dia mengatakan Taliban menghargai Inisiatif Sabuk dan Jalan China (China’s Belt and Road Initiative) karena proyek tersebut akan menghidupkan kembali Jalur Sutra kuno.

Zabihullah Mujahid juga mengatakan China juga akan membantu Afghanistan sepenuhnya memanfaatkan sumber daya tembaga yang kaya dan memberi negara itu jalan ke pasar global.

Taliban juga memandang Rusia sebagai mitra penting di kawasan itu dan akan menjaga hubungan baik dengan Moskow.

Mujahid mengatakan Bandara Kabul sepenuhnya di bawah kendali Taliban tetapi telah rusak parah.

Qatar dan Turki memimpin upaya untuk melanjutkan operasi di bandara, katanya kepada publikasi Italia.

“Bandara (Kabul) harus bersih dalam tiga hari ke depan dan akan dibangun kembali dalam waktu singkat. Mudah-mudahan September sudah bisa beroperasi lagi,” ujarnya. (*)

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X