Hari Palang Merah Internasional, Berikut Sejarahnya hingga Sampai ke Sumatra Barat

- Minggu, 8 Mei 2022 | 15:23 WIB
Henry Dunant
Henry Dunant

HALUAN PADANG - Hari ini, Minggu, 8 Mei 2022 diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional. Hari peringatan ini ditetapkan berdasarkan tanggal kelahiran Henry Dunant, pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC), lembaga yang mendirikan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Sebelum kita mengenal palang merah sebagai lembaga yang identik dengan kegiatan donor darah dan bantuan kesehatan-kemanusiaan lainnya, lembaga ini berawal dari gagasan Henry Dunant tentang organisasi kemanusiaan internasional yang bertujuan untuk menolong para prajurit yang cedera di medan perang.

Gagasan Henry itu muncul setelah ia menyaksikan langsung dampak pertempuran antara Perancis-Italia melawan Austria di Kota Solferiono, Italia Utara pada 24 Juni 1859.

Ia yang saat itu tengah dalam perjalanan menjumpai Kaisar Perancis Napoleon III harus terjebak di tengah suasana mencekam itu.

Tak tahan melihat penderitaan para tentara yang terluka, Henry bersama penduduk setempat bertindak mengerahkan bantuan.

Beberapa waktu setelah kejadian itu, Henry kembali negara asalnya, Swiss. Berdasarkan pengalamannya menyaksikan derita akibat perang, ia menulis buku berjudul "Kenangan dari Solferino" yang ternyata menarik perhatian warga Eropa.

Terdapat dua gagasan penting yang diajukan Henry Dunant dalam buku tersebut. Pertama, membentuk organisasi kemanusiaan internasional, yang pendiriannya dapat disiapkan pada masa damai untuk menolong para prajurit yang terluka di medan perang.

Kedua, mengadakan perjanjian internasional untuk melindungi prajurit yang cedera di medan perang serta perlindungan sukarelawan dan organisasi tersebut ketika memberikan pertolongan pada saat perang.

Gagasan Henry menuai sambutan positif, hingga pada 1863 Henry bersama 4 orang warga Jenewa, Swiss membentuk “Komite Internasional untuk bantuan para tentara yang cedera”, yang kemudian disebut sebagai International Committee of the Red Cross (ICRC) atau Komite Palang Merah Internasional.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Ini Dia! Mansa Musa, Manusia Paling Kaya Dalam Sejarah

Senin, 27 Desember 2021 | 22:51 WIB

Memahami Sejarah Pemalakan di Minangkabau

Senin, 13 Desember 2021 | 15:27 WIB

Sejarah Singkat Kerajaan Jambu Lipo

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:05 WIB
X