Sejarah Singkat Kerajaan Jambu Lipo

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:05 WIB
Istana Kerajaan Jambu Lipo (Lubuktarok.desa.id)
Istana Kerajaan Jambu Lipo (Lubuktarok.desa.id)

HALUAN PADANG - Selain Kerajaan Pagaruyung, di wilayah yang kini disebut Sumatera Barat terdapat sejumlah kerajaan lainnya seperti Kerajaan Sailan, Sungai Pagu, Pulau Punjung, Siguntur, Padang Loweh, Sitiung, dan seterusnya.

Kerajan Jambu Lipo adalah salah satunya. Secara adiministratif, ia terletak di Kecamatan Lubuak Tarok, Kabupaten Sijunjung. Kerajaan Jambu Lipo masih hidup dan bertahan hingga hari ini. Bersamaan dengan itu, hidup pula berbagai bentuk kebudayaan seperti tari, cerita rakyat, serta sejarah Jambu Lipo versi cerita rakyat.

Namun yang ditulis di sini ialah sejarah kemunculan Jambu Lipo hasil penelitian Tim Peneliti Sejarah dan Budaya Kerajaan Jambu Lipo yang belum bersifat final.

Baca Juga: Kisah-kisah Menakjubkan dari Jambu Lipo

***

Sebelum terbentuknya Kerajaan Jambu Lipo, kawasan yang sekarang dikenal sebagai Lubuak Tarok sudah didiami oleh manusia. Itu sekitar abad ke-4. Saat itu sebuah tempat bernama Bukit Tanggo Batu sudah terdapat pemukiman tua yang masyarakatnya menganut agama Hindu/Budha. Sampai kini jejaknya masih ada berupa kuburan kuno.

Pendirian kerajaan Jambu Lipo terjadi setelah berdirinya perkampungan (pemukiman) yang masing-masing dipimpin seorang raja. Ketiga Raja tersebut dinamakan Rajo Tigo Selo yang terdiri dari Rajo Alam dengan gelar Bagindo Tan Ameh, Rajo Ibadat dengan gelar Bagindo Maha Rajo Indo, dan Rajo Adat dengan gelar Bagindo Tan Putiah.

Rajo Tigo Selo kemudian bersepakat menyatukan tiga pemukiman yang disebut Kampung Rajo di bawah nama Kerajaan Jambu Lipo. Kerajaan yang juga dikenal sebagai Kerajaan Lubuak Tarok ini dikatakan menjadi Sapaih Balahan Kerajaan Pagaruyung. Selain itu, ia juga disebut-sebut sebagai salah satu laras dari empat laras yang ada sebelum abad ke-10. Keempat laras itu adalah Laras nan Panjang (Agam), Laras nan Bunta, Laras Bungo Setangkai, dan Laras Jambu Lipo Sungai Langsek.

Baca Juga: Rajo Manjalani Rantau: Prosesi Sakral dari Kerajaan Jambu Lipo

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia! Mansa Musa, Manusia Paling Kaya Dalam Sejarah

Senin, 27 Desember 2021 | 22:51 WIB

Memahami Sejarah Pemalakan di Minangkabau

Senin, 13 Desember 2021 | 15:27 WIB

Sejarah Singkat Kerajaan Jambu Lipo

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:05 WIB

Kisah-kisah Menakjubkan dari Jambu Lipo

Kamis, 2 Desember 2021 | 23:28 WIB

Memaknai Pahlawan di Awal 1950-an

Kamis, 11 November 2021 | 15:06 WIB
X