Pergerakan Toko-Toko Buku Alternatif di Kota Padang, dari Pembungkaman Hingga Harapan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:02 WIB
Toko-toko Buku Alternatif di Padang (Dokumentasi Haluan Padang & Ig @kedaiteroka)
Toko-toko Buku Alternatif di Padang (Dokumentasi Haluan Padang & Ig @kedaiteroka)

Haluan Padang—Setidaknya terdapat dua toko buku besar di Padang, kota yang diisi oleh lebih dari sepuluh sekolah tinggi dan puluhan ribu mahasiswa. Namun tak seperti kota lainnya yang diramaikan oleh mahasiswa, hanya ada segelintir toko buku alternatif di kota ini. 

Haluan Padang memantau tiga di antara toko buku alternatif tersebut, yakni Kedai Teroka, Linibuku, dan Kedai Steva.

Kedai Teroka, Bertahan dalam Kesederhanaan

Toko buku Kedai Teroka terlihat layaknya sebuah toko kecil. Terletak di Jalan Dr. Mohammad Hatta, sebuah jalan menuju universitas terbesar di kota tersebut. Tiara, pengelola Kedai Teroka menuturkan bahwa toko buku tersebut berdiri sejak 6 Januari 2020.

Keinginannya membuka toko buku di Padang berawal dari perhatiannya terhadap toko-toko buku di Pulau Jawa. “Saya melihat toko-toko buku di Pulau Jawa berkembang, sedangkan di Padang hanya ada dua toko buku besar. Dulu Sempat ada toko buku kecil di kawasan Pondok yang buku-bukunya ditangkap oleh aparat. Toko buku tersebut sekarang sudah tutup,” jelas Tiara.

Tiara mafhum bahwa tidak banyak toko buku dan penerbit independen di Padang. Baginya, hadirnya Kedai Teroka merupakan bagian dari ikhtiar untuk menaikkan kembali literasi di Padang, juga untuk memudahkan akses pembaca mendapatkan buku-buku bagus.

Tiara mempelajari cara mengelola toko buku semenjak ia merantau ke Jakarta setelah ia lulus dari prodi Sastra Inggris Universitas Andalas. “Dulu saya pernah terlibat di ‘Galeri Kertas’, sebuah galeri seni di Depok yang juga menyediakan ruang untuk buku-buku. Buku-buku tersebut bisa dibeli atau dipinjam,” jelas Tiara.

Ketika Tiara kembali ke Kota Padang dan mulai menyiapkan pendirian Kedai Teroka bersama rekan-rekannya, beberapa penerbit independen mulai dikontak untuk menyediakan buku-buku terbitan mereka di Kedai Teroka.  Beruntung, salah satu penggagas Kedai Teroka juga pernah bekerja di ‘Komite Buku Nasional’, sehingga mendapatkan akses untuk mendapatkan berbagai buku terbitan penerbit independen.

Kedai Teroka merupakan bagian dari CV Teroka Gaya Baru, perusahaan yang juga memayungi penerbit Teroka Press. Sejauh ini Teroka Press telah menerbitkan novel, esai sastra, dan buku puisi.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Terpopuler

X