Kekasih dan Calon Mertua Indra Kenz Resmi Ditahan Mabes Polri, Diijerat Pasal TPPU

- Selasa, 19 April 2022 | 16:24 WIB
Kekasih Indra Kenz, Vanessa Khong resmi ditahan Bareskrim Polri (ist)
Kekasih Indra Kenz, Vanessa Khong resmi ditahan Bareskrim Polri (ist)

Haluan Padang - Vanessa Khong dan ayahnya, Rudiyanto Pei resmi ditahan oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri. Penahanan ini atas pemeriksaan lanjutan atas tersangka Indra Kenz yang terjerat kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) melalui aplikasi Opsi Biner (Binary Option) Binomo.

"Penyidik menahan keduanya mulai Selasa dini hari," kata Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol. Whisnu Hermawan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Sebelum ditahan, Vanessa Khong dan ayahnya menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada Senin (18/4) dari pukul 15.00 sampai pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Bareskrim Tetapkan Pacar dan Adik Indra Kenz Sebagai Tersangka

Pacar Indra Kesuma alias Indra Kenz itu dan ayahnya ditahan untuk 20 hari pertama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bareskrim Polri.

Terhadap tersangka Vanessa Khong dan Rudiyanto Pei dipersangkakan Pasal 5 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juchto Pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 M.

"Sesuai pasal yang dipersangkakan, keduanya diancam hukuman 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar," kata Whisnu.

Baca Juga: Ayah Indra Kenz Dicecar Polisi Soal Aliran Dana Anaknya

Adapun peran tersangka Vanessa Khong dalam perkara ini, yakni menerima aliran dana dari tersangka Indra Kenz sekitar Rp5 miliar, menerima beberapa barang Indra Kenz senilai Rp349 juta.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X