Berkas Perkara Dugaan Korupsi Jalan Tol Padang-Sicincin Dilimpahkan Ke Pengadilan

- Rabu, 6 April 2022 | 14:32 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Haluan Padang - Kasus dugaan korupsi ganti rugi lahan untuk jalan tol Padang-Sicincin terus berlanjut. Saat ini berkas perkara diserahkan Kejaksaan Negeri Pariaman ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Padang kelas 1 A, Selasa (5/4/2022).

Penyerahan berkas tersebut pertanda status kasus mulai mendekati masa persidangan. Dimana seluruh berkas yang diberikan berjumlah 33 jilid yang mana satu jilid memiliki ketebalan lebih dari 1.000 halaman.

Berdasarkan audit dari BPKP Sumbar, negara mengalami kerugian Rp 27 miliar dalam kasus dugaan korupsi ini.

Baca Juga: Praperadilan Penyitaan Aset Korupsi Tol Padang - Sicincin Mulai Disidangkan

Kasi Pidsus Kejari Pariaman, Yandi Mustiqa mengatakan, berkas perkara yang dilimpahkan itu berjumlah 11 berkas dari 13 tersangka yang telah ditetapkan.

Dia menuturkan, penyelidikan kasus dugaan korupsi ini sudah dimulai sejak Juni 2021 lalu dan dinyatakan lengkap pada 24 Maret 2022. Sementara masa penahanan seluruh terdakwa habis pada 14 April 2022.

“Sebelum jadwal penahanan terdakwa habis, Tim Kejari Pariaman telah melimpahkan berkas dan diserahkan ke PN Padang. Kami tinggal menunggu jadwal sidang dari PN Padang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengungkapan kasus ini terjadi berkat kerja keras dan kolaborasi dari Tim Kejati Sumbar bersama Tim dari Kejari Pariaman. Jaksa penuntut umum (JPU) yang terlibat dalam penanganan kasus berasal dari dua institusi itu.

Baca Juga: Ingin Kepastian Hukum, Tersangka Kasus Korupsi Tol Padang-Sicincin Ajukan Audit Pembanding ke Kejati

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X