Kejari Pariaman Serahkan Berkas Dugaan Korupsi Ganti Rugi Jalan Tol Padang-Pekanbaru ke PN Padang

- Selasa, 5 April 2022 | 18:56 WIB
 (Ist)
(Ist)

HALUAN PADANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman menyerahkan seluruh berkas perkara kasus dugaan korupsi penggantian lahan Tol Padang - Pekanbaru yang berlokasi di Taman Kehati Padang Pariaman, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Padang Kelas 1A Padang.

Diketahui, kerugian keuangan negara dalam kasus dugaan korupsi tersebut senilai Rp 27 miliar, berdasarkan audit dari BPKP Sumatra Barat. Sementara itu, tersangka yang terlibat sebanyak 13 orang

Berkas perkara diantar langsung Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pariaman Yandi Mustiqa didampingi Kasi Penkum Kejati Sumbar Fifin Suhendra.

Baca Juga: Praperadilan Penyitaan Aset Korupsi Tol Padang - Sicincin Mulai Disidangkan

Berkas tersebut dimuat dalam dua unit Mobil Avanza dengan jumlah 33 jilid. Salah satu jilid berkas memiliki ketebalan lebih dari 1000 halaman.

Kasi Pidsus Kejari Pariaman Yandi Mustiqa kepada mengatakan, saat ini pihaknya melakukan pelimpahan perkara kasus korupsi Tol Padang - Pekanbaru kepada Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas IA Padang, sebanyak 11 berkas dari 13 terdakwa yang sudah ditetapkan.

Kasus ini sudah dilakukan penyidikan pada Juni 2021 lalu dan dinyatakan lengkap pada 24 Maret 2022. Sementara masa penahanan seluruh terdakwa habis pada 14 April 2022.

Baca Juga: Ingin Kepastian Hukum, Tersangka Kasus Korupsi Tol Padang-Sicincin Ajukan Audit Pembanding ke Kejati

"Sebelum jadwal penahanan terdakwa habis. Tim Kejari Pariaman telah melimpahkan berkas dan diserahkan ke PN Padang. Kami tinggal menunggu jadwal sidang dari PN Padang," katanya, Selasa, 5 April 2022.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X