Dugaan Mendag Lutfi Benar, KPPU Temukan Bukti Kartel Minyak Goreng

- Senin, 28 Maret 2022 | 18:40 WIB
ilustrasi minyak goreng/ foto: PMJ News
ilustrasi minyak goreng/ foto: PMJ News

Haluanpadang.com - Dugaan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi  kelangkaan dan melambungnya hargan minyak goreng karena permainan Kartel, terbukti kebenaranya.

Tim Investigasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU),  telkah menemukan alat bukti adanya kartel minyak goreng dan mafia yang bermain.

Direktur Investigasi KPPU Gopprera Panggabean mengungkapkan, setelah menemukan alat bukti tersebut, KPPU langsung menaikan kasus kartel menjadi tahap penyelidikan demi untuk penegakan hukum terkait penjualan atau distribusi minyak goreng nasional.

"Melalui temuan tersebut, minggu ini status penegakan hukum telah dapat ditingkatkan pada tahapan Penyelidikan," kata Gopprera, dilansir dari merdeka.com, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Mahasiswa Melawan! BEM SI Geruduk Istana Menolak Penundaan Pemilu 2024

Dalam proses awal penegakan hukum, Tim Investigasi telah mengundang dan meminta data/keterangan dari sekitar 44 pihak terkait, khususnya produsen, distributor, asosiasi, pemerintah, perusahaan pengemasan dan pelaku ritel.

Melalui proses tersebut, Tim Investigasi pun telah menemukan satu alat bukti yang memperkuat adanya dugaan pelanggaran undang-undang, khususnya atas pasal penetapan harga, kartel, dan penguasaan pasar.

Menurut Gopprera menuturkan, proses penyelidikan akan dilaksanakan paling lama 60 hari kerja dan dapat diperpanjang.

Baca Juga: Mengaku Tak Berdaya, Mendag Minta Maaf Tak Bisa Kontrol Mafia Minyak Goreng

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X