Densus 88 Tangkap Lima Orang Terduga Teroris Jaringan ISIS

- Kamis, 24 Maret 2022 | 15:38 WIB
Densus 88 Anti Teror Melakukan Penangkapan Terhadap Lima Orang Terduga Teroris Yang Berafiliasi Dengan ISIS (ist)
Densus 88 Anti Teror Melakukan Penangkapan Terhadap Lima Orang Terduga Teroris Yang Berafiliasi Dengan ISIS (ist)

Haluan Padang - Lima orang terduga teroris yang berafiliasi dengan kelompok Daulah Islamiah Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror Polri pada Selasa. 15 Maret 2022. Penangkapan ini tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Hendak Meneror Polisi di Mapolsek Kampar, Anggota JAD Padang Diringkus Densus 88

"Iya benar, ditangkap pada 15 Maret 2022," kata Kabag Banops Densus 88 Anti-teror Polri Kombes Pol Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Kamis (24/3/2022).

Kelima tersangka teroris masing-masing berinisial MR, HP, MI, RBS dan DK. Mereka ditangkap di beberapa lokasi, mulai dari Jakarta Barat, Lampung, Tangerang Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Aswin mengatakan, para tersangka kerap menyebarkan informasi berisi propaganda ISIS. Selain itu, mereka juga tergabung dalam grup 'Annajiyah Media Centre' yang berfungsi menyebarkan poster-poster digital terkait propaganda terorisme.

Baca Juga: Jelang Kunjungan Presiden, Dua Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 Di Sumatera Utara

"Itu bertujuan untuk membangkitkan semangat jihad sehingga orang lain terpacu untuk melakukan jihad amaliah," sambungnya.

Grup 'Annajiyah Media Centre' ini sendiri dikelola oleh tersangka teroris berinisial RBS yang berhasil ditangkap di Palmerah, Jakarta Barat. RBS merupakan pendukung Daulah Islamiah ISIS.

Dari penangkapan RBS, tim Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari satu buah samurai merek baton sword, buku berjudul 'Tarbiyah Jihadiyah', 'Ad-Daa' Wa Ad-Dawaa', 'Kitab Tauhid', 'Ya Mereka Memang Thogut', 'Menyambut Perang Salib Baru', dan 'Al-Wala Wal-Bara'. Selain itu, Densus juga menyita satu topi hitam bertuliskan 'Tauhid'.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X