Panjat Atap, Seorang Warga Binaan Lapas Muaro Padang Coba Kabur

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:37 WIB

HALUAN PADANG - Petugas jaga Lapas Kelas IIA Padang berhasil menggagalkan percobaan pelarian seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang hendak berupaya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kamis, 27 Januari 2022, sekitar pukul 08:30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, WBP berinisial S melakukan percobaan pelarian dengan memanjat atap Blok Hunian A-8 menggunakan kain sarung dan handuk.

"Saat tengah melakukan Sistem Kontrol Keliling Digital (Sikodi) di area Blok A, kami melihat WBP inisial S memanjat atap kamar A-8 dengan cara kedua tangan dibalut menggunakan kain. Tanpa pikir panjang, kami langsung mengamankan yang bersangkutan dan membawanya ke ruang Ka. KPLP," ucap Wakil Komandan Regu Pengamanan Junaidi yang bertugas saat kejadian.

Baca Juga: Update Kasus Napi Meninggal di Lapas Lubuk Basung, Kuasa Hukum Ungkap Beberapa Kejanggalan

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Lapas Kelas IIA Padang Era Wiharto. Era mengungkapkan, bahwa WBP yang mencoba kabur tersebut merupakan WBP dengan masa hukuman seumur hidup kasus Pasal 340 KUHP.

"Percobaan pelarian oleh WBP dengan hukuman seumur hidup ini telah berhasil digagalkan oleh jajaran pengamanan regu I yang piket saat itu. Terima kasih atas upaya dan kerja keras rekan-rekan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban Lapas Padang. Terus waspada dan lakukan deteksi dini sesering mungkin," ucap Era.

Dengan adanya kejadian ini Kalapas Padang Era Wiharto menekankan kepada seluruh jajaran untuk tetap waspada dan tidak lengah.

Baca Juga: Keluarga Napi Yang Tewas Gantung Diri Di Lapas Lubuk Basung Minta Jenazah di Autopsi

"Kita menjaga manusia yang memiliki akal dan pikiran yang kita tidak pernah tau apa yang mereka pikirkan. Jadi tetap mawas diri, jangan sampai kecolongan", tambahnya.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X