Sempat Kabur 4 Bulan, Napi Di Lapas Lubuk Basung Bunuh Diri Usai Ditangkap Lagi

- Senin, 10 Januari 2022 | 13:41 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Haluan Padang - Seorang Narapidana di Lapas Lubuk Basung tewas gantung diri di Strap Sel (Sel Pengasingan) pada Senin (10/1/2022) pagi. Napi yang diketahui bernama Syafrizal alias poron ini merupakan napi yang kabur dari Lapas Lubuk Basung 4 bulan yang lalu.

Informasi yang dirangkum oleh Haluan Padang, warga Kajai Pisik Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam ini tersangkut kasus narkoba. Ia sempat kabur dari Lapas dan kembali ditangkap oleh Satreskrim Polres Agam pada Minggu (9/1/2022) malam.

Karena baru saja masuk lagi ke Lapas, Poron di tempatkan terlebih dahulu di Sel Pengasingan. Namun saat petugas melakukan kontrol pada Senin Pagi, Poron sudah ditemukan tewas gantung diri di dalam sel.

"Poron ditemukan petugas kontrol tewas gantung diri dengan seutas tali plastik yang diikat dipintu strap sel," ujarnya Kalapas Lubuk Basung, Suroto kepada awak media, Senin siang.

Sebelum diserahkan oleh polisi ke Lapas, Poron terlebih dahulu dibawa ke RSUD Lubuk Agam karena saat penangkapan melakukan perlawanan. Polisi terpaksa melakukan tindakan terukur dengan menembak betis kirinya.

Setelah menjalani perawatan di RSUD Lubuk Basung, sekitar pukul 03.30 WIB Pihak Polres Agam menyerahkan Poron ke pihak Lapas Lubuk Basung.

"Poron kami terima dalam keadaan mengalami luka tembak di betis kaki kirinya dan selanjutnya kami bawa ke Lapas kemudian ditempatkan di kamar strap sel," ujar Kalapas.

Rencananya lanjut Kalapas, pagi ini yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Namun napi tersebut malah ditemukan tewas bunuh diri.

Kejadian tersebut pihak Lapas Lubuk Basung sudah melakukan langkah- langkah koordinasi dengan Pihak Polres Agam untuk dilakukan pemeriksaan penyebab kematian napi tersebut.

"Kita juga sudah koordinasi dengan pihak Puskesmas Manggopoh dan selanjutnya membuat laporan KPD Kakanwil dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar," pungkas Suroto.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajati Sumbar Antar Bantuan ke Pasaman

Jumat, 18 Maret 2022 | 08:23 WIB
X