Satu Pelaku Pemerkosaan Berjamaah Dua Bocah di Padang Segera Disidang

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:56 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUAN PADANG - Satu pelaku pemerkosaan berjamaah dua bocah di Padang bakal segera menjalani persidangan. Hal itu lantaran berkas kasus satu pelaku tersebut sudah lengkap alias P21.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Padang Budi Sastera. Ia mengatakan, berkas pelaku yang sudah lengkap tersebut adalah yang berinisial ADA (16).

ADA sendiri adalah satu dari tujuh pelaku yang menggagahi dua bocah berumur 7 dan 5 tahun di Padang Selatan. Ia merupakan kakak sepupu dari korban.

Baca Juga: LBH Sarankan Penanganan Dua Bocah Pelaku Pemerkosaan Berjamaah di Padang Pakai Proses Diversi

"Berkasnya sudah lengkap, jika sudah diserahkan penyidik ke kami, maka kasusnya akan segera disidangkan," katanya, Rabu (01/12).

Menurut Budi, ADA merupakan tersangka denngan status anak yang berhadapan dengan hukum karena masih berumur 16 tahun.

Baca Juga: Tidak Dikembalikan ke Keluarga, Dua Anak Korban Pemerkosaan Sekeluarga Butuh Orang Tua Angkat

Serta, ia menjelaskan, ADA sendiri disangkakan pasal 76 E Juncto pasal 82 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 01 Tahun 2016.

UU tersebut membahas entang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002, tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-undang.

Baca Juga: Menjawab Misteri Ibu Korban Pemerkosaan 2 Bocah di Padang, Berikut Keterangan Para Tetangga

Sementara itu pelaku lainnya yakni sang kakek yakni DJ panggilan Udin (70), sang paman RO panggilan Rian (23), masih dalam penyidikan Polresta Padang.

Dalam kasus itu ada dua pelaku lainnya yang diamankan oleh polisi yaitu kakak kandung dan sepupu korban, namun terhadap mereka diterapkan diversi karena usianya masih di bawah 12 tahun.

Diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X