Illegal Logging Terjadi Di Painan, Ratusan Kayu Meranti Diamankan Satreskrim Pessel

- Kamis, 25 November 2021 | 21:02 WIB
Polisi Amankan 184 Batang Kayu Diduga Illegal Logging di Painan
Polisi Amankan 184 Batang Kayu Diduga Illegal Logging di Painan

HALUAN PADANG - Tim Macan Kumbang Satreskrim Polres Pesisir Selatan berhasil mengamankan 184 batang kayu balok pecahan jenis meranti yang diduga illegal logging saat melintas menggunakan dump truk jenis hino di depan kantor POM, Jalan Sutan Syahrir Picuran Boga, Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan.

"Penangkapan bermula dari informasi masyarakat sehingga tim opsonal Macan Kumbang Satreskrim Polres Pesisir Selatan lakukan patroli," imbuh Kasat Reskrim Polres Pesisir Selatan, AKP Hendra Yose, Kamis (25/11) dikutip dari Harianhaluan.com.

Baca Juga: Polresta Padang Imbau Jika Ada Korban Sodomi Lainnya di Padang Agar Segera Membuat Laporan

Lebih lanjut, ia mengatakan memang benar ditemukan adanya orang yang menguasai, memiliki, mengangkut atau membawa hasil hutan kayu dengan menggunakan satu unit dump jenis Hino warna hijau dengan nomor polisi BA 9553 QU dari jalamu, Batang Kapas menuju Kota Padang pada pukul 03.00 hari Rabu (24/11).

"Tim melakukan pemberhentian tehadap mobil yang dicurigai dan menanyakan muatan yang dibawa. Pemiliknya yang berinisial II (40) yang berdomisili di Kampung Jalamu Koto Hilie, Batang Kapas, Pesisir Selatan dan sopirnya berinisial DWA (20) domisili Perawang, Kabupaten Siak, Riau. Dia menyatakan bahwa yang ia bawa adalah hasil hutan kayu jenis meranti dan mandirawan (Borneo)" ujarnya.

Baca Juga: Korban Sodomi Guru Mengaji di Padang Terus Bertambah, Kini Menjadi 5 Orang, Hukuman Bisa Tambah Berat

Selanjutnya, tim yang melakukan patroli menanyakan dokumen Surat Keterengan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) yang dimiliki hanya satu lembar nota angkutan kayu olahan dari UD. DAKFAL Nomor 1238000220959 miliknya sendiri yang bergerak di bidang perabot.

Kasat menyatakan pelaku sebagai pemilik memperolehnya dengan membelinya langsung dari operator mesin chainsaw yang ditebang dari Bukit Anduring dan Bukit di atas Hulu Air IV Koto Hilie.

"Sekarang ini untuk permintaan keterangan lebih lanjut terhadap pemilik kayu dan sopir beserta BB dibawa ke Polres Pesisir Selatan untuk proses selanjutnya," katanya.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Anak Korban Pembunuhan di Biaro Mendapatkan Santunan

Sabtu, 27 November 2021 | 18:09 WIB
X