Jika Terbukti Gangguan Jiwa, Penyerang Ustadz Abu Syahid Chaniago Lolos dari Jerat Hukum

- Minggu, 26 September 2021 | 07:14 WIB
Pelaku penyerangan Ustadz Syahid Chaniago ketika diamankan polisi.
Pelaku penyerangan Ustadz Syahid Chaniago ketika diamankan polisi.

HALUANPADANG.COM -Polisi sedang mendalami kejiwaan pelaku penyerangan Ustadz Abu Syahid Chaniago. Jika terbukti sehat, dia akan dihukum berat. Namun, kalau terbukti secara medis mengalami gangguan jiwa, kasus ini akan dihentikan.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menuturkan hukuman berat menanti pelaku jika dia terbukti sehat. "Sesuai KUHP, hukumannya berat. Kita lihat nanti perkembangannya," terang Ramadhan.

Namun, katanya, jika pelaku terbukti mengalami gangguan jiwa, maka kasus penyerangan yang dialami penyerangan Ustaz Chaniago akan dihentikan oleh penyidik Polri.

"Kalau seandainya nanti dipastikan yang bersangkutan tanda kutip gangguan jiwa, maka sesuai UU kasus harus dihentikan," katanya.

Masih dari keterangan Kombes Pol Ahmad Ramadhan, pihaknya akan mengembalikan pelaku kepada pihak keluarga jika terbukti mengalami gangguan jiwa.

"Tentu kita kembalikan kepada keluarga untuk selanjutnya dilakukan perawatan," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Segera Gelar Perkara Kasus Penyerangan Terhadap Ustadz Syahid Chaniago Asal Ranah Minang

Ia menegaskan bahwa pihaknya masih melakukan pengawasan terhadap pelaku penyerangan.

"Sampai saat ini, masih dilakukan pengawasan. Hal itu artinya masih dalam pengawasan penyidik Polda Kepri dan Polresta Barelang," katanya.

Ustad Abu Syahid Chaniago diserang seorang pria tidak dikenal ketika mengisi ceramah di Masjid Baitussyakur di Batam pada 20 September 2021.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

X