Agar Puasa Ramadan Tidak Sia-sia, 4 Hal Ini Wajib Dijaga

- Jumat, 25 Maret 2022 | 13:15 WIB
Ilustrasi Ramadan 2022
Ilustrasi Ramadan 2022

Oleh: KH Ahmad Kosasih M.Ag

Pimpinan Dewan Syariah Daarul Quran

HALUANPADANG - PADA bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia diperintahkan melaksanakan ibadah wajib puasa sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surat Al Baqarah (2) Ayat 183. Pada ayat 185 di surat yang sama, Allah Ta'ala lebih lanjut berfirman:

….يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ……
Artinya: "… Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu …" (QS Al Baqarah (2): 185)

Pada bulan Ramadan, umat Islam diperintahkan untuk meninggalkan makan dan minum mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sekilas, hal ini menimbulkan kepenatan, keletihan saat siang hari.

Jika ditinjau secara lahiriah, tentu ini akan mempersulit dan membatasi ruang gerak umat Islam. Namun, apabila merujuk Surat Al Baqarah Ayat 185 tersebut, Allah Subhanahu wa ta'ala dengan tegas mengatakan bahwa Allah Ta'ala tidak hendak menyulitkan hamba-Nya.

Allah Subhanahu wa ta'ala bukan membatasi umat Islam untuk makan dan minum. Sebaliknya, Allah Ta'ala menghendaki kemudahan dan kebaikan bagi hamba-Nya. Kebaikan yang dimaksud, salah satunya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya: "Barang siapa yang berpuasa (di bulan) Ramadan (dalam kondisi) keimanan dan mengharapkan (pahala), maka dia akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu."

Dari hadis tersebut dapat dimengerti bahwa dengan berpuasa di bulan Ramadan, Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengampuni dosa-dosa terdahulu yang dilakukan oleh umat-Nya. Pertanyaannya, puasa seperti apa yang dikehendaki oleh Allah Ta'ala? Apakah sekadar menahan lapar dan haus?

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X