Warga 50 Kota Yang Kulitnya Melepuh Usai Divaksin, Dinkes Sebut Febri Tidak Terangkan Ada Penyakit Bawaan

- Jumat, 18 Februari 2022 | 16:34 WIB
Kantor Dinas Kesehatan Limapuluh Kota
Kantor Dinas Kesehatan Limapuluh Kota

Haluan Padang - Seorang warga Jorong Subarang Tabek, Nagari Situjuh Banda Dalam, Kecamatan Situjuh V Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Febri Yulianti (29) mengalami kulit melepuh disekujur tubuhnya usai menerima Vaksin Covid-19.

Vaksin tersebut diterima oleh Febri pada 11 November 2011 di kantor Walinagari Situjuh Banda Dalam.

Terkait hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Dr. Adel Nofiarman membenarkan memang ada warga Limapuluh Kota yang mengalami kulit melepuh usai mendapatkan Vaksin Covid-19. Pihaknya menerima laporan adanya kasus Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ini pada Desember 2021.

Baca Juga: Kulit Warga Situjuah Melepuh Usai Terima Vaksin Covid-19

"Ya, memang ada warga kami yang mengalami kulit melepuh usai di vaksin. Kami sudah mengetahui kejadian ini. Hanya saja laporan masuk kepada kami sebulan setelah yang bersangkutan menerima vaksin, atau sekitar bulan Desember 2021," sebut Adel yang didampingi Kabid Pencegah Penyakit, Erdison kepada Haluan Padang, Jumat (18/2/2022).

Ia juga mengatakan setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya melakukan pengechekan ke rumah Febri. Setelah laporan tersebut benar, petugas Dinkes merujuk Febri ke RSUD Achmad Darwis Suliki.

Beberapa hari dirawat di RSUD Achmad Darwis, pihak rumah sakit pun memberikan kesimpulan agar Febri dirujuk ke RSUP Dr. M Djamil Padang.

"Dari hasil pemeriksaan di RSUP Dr. M. Djamil Padang, disimpulkan Febri mengalami Psoriasis (penyakit yang disebabkan karena Autoimun tubuh yang menyerang sel-sel kulit sehat-red)," kata Adel.

Baca Juga: Wako Padang Hendri Septa Tegaskan Tak Ada Pemaksaan Vaksin untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X