Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Belum Mati, Badan Persiapan Sudah Dibentuk Sejak 2016

- Jumat, 21 Januari 2022 | 18:46 WIB
Masjid Raya Sumbar/ foto: istimewa
Masjid Raya Sumbar/ foto: istimewa

HALUAN PADANG – Wacana usulan menjadikan Sumatera Barat menjadi Daerah Istimewa Minangkabau masih bergulir.

Pada Kamis, 20 Januari 2022, Haluan Padang menemukan surat yang berisi struktur kepengurusan Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM).

Haluan Padang kemudian menghubungi Ketua Harian yang tercantum dalam surat tersebut, M. Sayuti Dt. Rajo Panghulu pada Kamis, 20 Januari 2022 untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut soal wacana yang sempat populer pada perempat awal tahun 2021 kemarin.

Menurut Sayuti, wacana cikal bakal Daerah Istimewa Minangkabau sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990-an, disampaikan oleh pihak dari kalangan ninik mamak.

Namun Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) sendiri baru dibentuk pada 6 Februari 2016 lalu.

Sekitar 7 tahun lampau, pada 12 Februari 2015, beberapa tokoh masyarakat sepakat untuk mengusulkan, mengkaji, dan meneliti manfaat diadakannya Daerah Istimewa Minangkabau.

“Dalam Musyawarah Besar pertama terkait Wacana Daerah Istimewa Minangkabau, hadir orang-orang Minang dari ranah dan rantau, termasuk dari luar negeri,” terang Sayuti.

Menurutnya, berdasarkan musyawarah yang telah dilakukan, setidaknya ada 8 dasar yang melandasi dukungan terhadap pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau.

Pertama, menurut Sayuti, sistem kekerabatan matrilineal merupakan aspek antropologis yang cukup kuat untuk menjadikan Minangkabau ‘istimewa’.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X