Sejarah Hari Dharma Samudera, Diperingati Setiap 15 Januari

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:22 WIB
Prosesi upacara hari Dharma samudera digelar di hanggar Heli KRI Teluk Weda-526, di perairan Sorong, Sabtu 15 Januari 2022. (foto: Megawati)
Prosesi upacara hari Dharma samudera digelar di hanggar Heli KRI Teluk Weda-526, di perairan Sorong, Sabtu 15 Januari 2022. (foto: Megawati)

HALUAN PADANG - Hari Dharma Samudera diperingati pada tanggal 15 Januari tiap tahunnya. Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru antara tentara Indonesia melawan Belanda.

Selain itu, Hari Dharma Samudera juga memperingati peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut yang ditunjukkan untuk para pelaut di bawah kepemimpinan Yos Sudarso. Hal tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah RI.

Dikutip dari Detik News, Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran heroik di laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962.

Dalam pertempuran tersebut, Angkatan Laut Indonesia di bawah kepemimpinan Yos Sudarso mempertahankan Irian Barat agar tidak jatuh ke tangan Belanda.

Baca Juga: Link Streaming Man City vs Chelsea, Peluang The Blues Memperkecil Jarak dengan Puncak Klasemen

Pada 15 Januari 1962, 3 kapal cepat RI berjuang untuk merebut Irian Barat dari tangan penjajah Belanda. 3 kapal tersebut memiliki tugas infiltrasi mendaratkan pasukan di Kaimana, Papua Barat.

Adapun 3 kapal cepat RI tersebut adalah, Kapal RI Macan Tutul, Kapal RI Macan Kumbang dan Kapal RI Harimau.

Ketiga kapal cepat itu tiba-tiba diikuti oleh 2 pesawat terbang Belanda, disusul dua kapal musuh berjenis Destroyer dan Freegat. Pesawat terbang dan kapal musuh tersebut menembakkan peluru tajam dan suar ke ketiga kapal cepat RI.

Baca Juga: Penerima Vaksin Pfizer Belum Bisa Vaksin Booster, Begini Penjelasan Kemenkes

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X