Ombudsman Sumbar Bakal Turun Tangan Jika Ada Dugaan Maladiministrasi dalam Kisruh Sapi Bantuan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 22:54 WIB
Ilustrasi sapi bantua Pemprov Sumbar (Haluan Creative - M Budiman)
Ilustrasi sapi bantua Pemprov Sumbar (Haluan Creative - M Budiman)

HALUAN PADANG - Ombudsman Sumbar menghimbau agar masyarakat melapor jika ada dugaan maladministrasi terkait proyek pengadaan hewan ternak oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. Laporan tersebut akan ditindaklanjuti jika berada dalam wewenang Ombudsman. 

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Barat Yefri Heriani  Ombudsam Sumbar terbuka jika ada yang ingin melaporkan dugaan maladminstrasi dalam penyelanggaraan layanan publik, karena masyarakat sebagai penerima manfaat layanan publik berhak untuk itu. 

“Masyarakat memang harus selalu mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik berupa barang, jasa dan administratif,” jelas Yefri saat diwawancarai Haluan Padang lewat percakapan WhatsApp, Rabu (5/01).

Baca Juga: Nasib Malang Si Sapi Bantuan

Baca Juga: Ini Penjelasan Disnak Keswan Sumbar Kenapa Sapi Bantuan Terlihat Kurus

Jika ada yang melaporkan kasus ke Ombudsman, dan dari uji formil serta uji materiil atas laporan itu diketahui bahwa kasus tersebut termasuk wewenang Ombudsman, maka pihaknya akan mulai memeriksa kasus tersebut. 

Hal tersebut juga berlaku untuk kasus pengadadaan sapi yang tengah disorot. 

Ia juga mengatakan dirinya sudah mendengar kabar terkait kisruh pengadaan sapi tersebut. Beberapa pihak sudah mendatanginya untuk menanyakan mekanisme pelaporan ke Ombudsman.

“Untuk melapor ke Ombudsman, salah satu syaratnya mereka harus menyampaikan keluhan ke instansi terkati terlebih dahulu”

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X