Bantuan Sapi Ditolak Sebagian Kelompok Tani, Wakil Rakyat Sebut Peternak Takut Ambil Resiko

- Selasa, 4 Januari 2022 | 22:42 WIB
Ilustrasi sapi (Haluan Creative - M Budiman)
Ilustrasi sapi (Haluan Creative - M Budiman)

HALUAN PADANG - Sebagian kelompok tani disebut menolak bantuan sapi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. Mereka disebut takut menerima bantuan karena khawatir dengan sapi yang bakal diterima tidak sesuai spesifikasi. 

“Ada penolakan dari calon penerima manfaat, seperti yang terjadi di Solok. Mereka tidak mau menerima (sapi yang tidak sesuai spesifikasi, red.) karena takut mengambil risiko," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Hidayat saat diwawancarai Haluan Padang, Selasa (4/1). 

“Penolakan tersebut dikarenakan, bagaimana pun kondisi ternak, sehat atau sakit, penerima harus bertanggung jawab untuk memeliharanya. Sementara, sapi itu tidak sesuai spesifikasi. Spesifikasnya misalnya yakni umurnya harus sekian, giginya harus sudah tumbuh tiga, tingginya harus sekian," sambungnya.

Baca Juga: Pengadaan Ternak untuk Kelompok Tani Diduga Bermasalah, Pemprov Diminta Lakukan Evaluasi Serius

Sebelumnya diketahui, proyek pengadaan sapi dan kambing di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat menuai kritik karena hewan ternak yang diberikan bermasalah kesehatannya. 

Sapi-sapi yang diterima Kelompok Tani Tuah Sakato Padang, misalnya, sangat kurus. Sementara itu, di Kelompok Tani Saiyo, Aia Pacah Padang, terdapat 12 ekor sapi dari 40 kambing yang mati seminggu setelah diterima. 

Hal tersebut menjadi sorotan bagi anggota DPRD Sumbar, salah satunya Hidayat. 

"Sebagai anggota DPRD yang memiliki hak pengawasan, terdengar informasi bahwa pengadaan sapi tidak sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, ada kandang, bibit, atau peralatan kandang yang tidak lengkap," ungkapnya, meski ia mengakui dari hewan-hewan ternak yang didatangkan itu ada juga yang sehat.

Baca Juga: Legislator Minta Aparat Hukum Turun Tangan Terkait Dugaan Proyek Pengadaan Ternak Bermasalah di Sumbar

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X