Hidayat: Bola Panas Kelanjutan Hak Angket Polemik Surat Gubernur ada di Tangan Pimpinan DPRD Sumbar

- Selasa, 21 Desember 2021 | 23:02 WIB
Kedua Fraksi Gerindra Hidayat (Haluan Padang - Tio Furqan)
Kedua Fraksi Gerindra Hidayat (Haluan Padang - Tio Furqan)

 

HALUAN PADANG - Ketua Fraksi Partai Gerindra di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hidayat, memberikan tanggapan tentang tidak jelasnya kelanjutan hak angket terkait polemik surat permintaan sumbangan bertandatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. 

Menurutnya, beberapa fraksi telah mengajukan usulan hak angket pada Ketua DPRD Sumbar sesuai mekanisme yang ada. Gerindra sendiri tetap konsisten mendukung hak angket, namun 'bola panas' keputusan ada pada pimpinan DPRD Sumbar. 

"Pengajuan hak angket termasuk juga didukung oleh fraksi Gerindra di DPRD bersama Demokrat, PDI Perjuangan, fraksi Nasdem dan PPP. Usulan tersebut sudah disampaikan melalui juru bicara pimpinan fraksi Demokrat waktu itu, jadi saat ini keputusan ada pada pimpinan, ucap Hidayat, pada Haluan Padang, Selasa (21/12).

Baca Juga: Kasus Gubernur Minta Sumbangan Masih Lanjut, Kini 33 Anggota DPRD Sumbar Ajukan Hak Angket

Ia menyebut, sejauh ini prosesnya sesuai mekanisme.  Setelah diajukan kepada pimpinan, pimpinan mesti mengagendakan pengambilan keputusan hak angket. Jadwal pelaksannan paripurna khusus hak angket ini kemudian diatur oleh badan musyawarah. 

"Di dalam paripurna itu nanti agendanya adalah, yang pertama mendengarkan penjelasan dari pengusul, selanjutnya tanggapan dari fraksi-fraksi. Tanggapan fraksi-fraksi ini nantinya akan menentukan apakah akan dilanjutkan atau tidak, itu tergantung kebijakan bersama atau bisa ditentukan oleh suara terbanyak melalui voting. Bagi Gerindra bola tetap berada pada pimpinan", tambahnya.

Baca Juga: Tiga Bulan Berlalu, Hak Angket Terkait Polemik Surat Gubernur Mati Mesin di DPRD Sumbar

Dikatakan Hidayat, Gerindra sendiri masih memegang komitmen awal, yaitu ketika angket itu diusulkan harus segera dioperasionalkan oleh pimpinan. Pihaknya juga tidak akan mempermasalahkan jikapun nanti pada saat voting, suara dari Gerindra tidak memadai.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Bisa Cek di Link Ini

Senin, 28 Maret 2022 | 09:43 WIB

Bermaafan Sebelum Ramadan, Yakin Ada Dalilnya?

Jumat, 25 Maret 2022 | 22:20 WIB
X