Langit Lumajang Sore Berubah Gelap Tertutup Letusan Gunung Semeru

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:59 WIB
Tangkapan layar video yang menjelaskan langit Lumajang berubah gelap setelah letusan gunung Semeru, Sabtu (4/12/21). )
Tangkapan layar video yang menjelaskan langit Lumajang berubah gelap setelah letusan gunung Semeru, Sabtu (4/12/21). )

Haluan Padang - Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meletus pada, Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Dilaporkan, langit di dua kecamatan sekitar kaki gunung Gelap gulita akibat letusan tersebut. 

Kecamatan itu antara lain Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro menurut laporan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Sabtu sore ini. 

Hanya saja Bupati Thoriqul Haq tidak dapat memberikan informasi detail karena masih berkoordinasi dengan lembaga terkait.

“Dua kecamatan di Lumajang kondisinya gelap sejak awan turun dari Semeru,” kata Thoriqul Haq, dikutip dari Inewsjatim.id

Sebelum erupsi Semeru Sabtu ini, Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur dan memiliki tinggi 3.676 meter dari permukaan laut mengguncang daratan dengan kepulan asap sejak Jumat, 3 Desember 2021.

Tidak itu saja kondisi cuaca di Lumajang tengah hujan lebat dan merata di seluruh kawasan. Bupati Lumajang Thoriq menerangkan, kalau saat ini BPBD sedang berjaga-jaga untuk memberikan penanganan darurat mendesak nantinya.

“Tadi dapat kabar kalau ada orang terjebak dan rumahnya hancur, Ini masih kami selidiki informasinya,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Bupati Thoriqul Haq melanjutkan, aliran lahar Semeru ada di Pronojiwo dan Candipuro

“Jadi kalau ada lahar arahnya ke sana, anginnya juga ke sana,” tutur Bupati.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Terkini

Nasib Malang Si Sapi Bantuan

Rabu, 5 Januari 2022 | 14:31 WIB
X