Medi Iswandi, 'Orang Dapur' yang Jadi Otak Pembangunan Sumatera Barat ke Depan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:18 WIB

HALUANPADANG.COM - “Saya hanya ‘orang dapur’. Jika perencanaan dan hasil kerja saya buruk, saya siap dimarahi. Namun jika hasil kerja saya memuaskan, pujian bisa disampaikan ke kasir,” ujar Medi Iswandi, Kepala Bappeda Sumatera Barat yang baru dilantik pada 1 Oktober 2021, dalam wawancara bersama Haluan Padang, Minggu (3/10).

Laporan: Daffa Benny

Meski kini sudah menjabat sebagai Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, keramahan Medi Terhadap semua orang tidak berkurang. Medi memang dikenal ramah pada siapapun. Namun, di balik keramahannya ia mempunyai sikap disiplin dan kerja keras.

Menjadi Kepala Bappeda Povinsi tentu tidaklah mudah. Pasalnya di lembaga tersebut arah pembangunan sebuah Provinsi ditentukan. Segala keputusan dan kebijakan yang diambil akan berdampak tidak hanya satu atau dua tahun, melainkan bisa sampai 5 tahun, 10 tahun bahkan 50 tahun kemudian.

Tentu saja seorang Kepala Daerah tidak sembarangan memilih orang yang akan menjadi Kepala Bappeda. Hanya orang tertentu dengan rekam jejak yang baik di pemerintahan yang bisa terpilih. Butuh disiplin dan integritas yang Tinggi untuk memimpin Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Agaknya Integritas dan kedisiplinan itulah yang membawa Medi Iswandi menjadi seorang Kepala Bappeda.

Menyalakan Harapan

Sikap disiplin yang tumbuh dalam dirinya memang tidak datang begitu saja. Sikap tersebut telah ditanam dan dipupuk semenjak kecil. Alumni SMAN 1 Solok yang lahir pada 1975 ini merupakan anak laki-laki paling tua di keluarga, dididik oleh orang tua dengan pola asuh yang cukup ‘keras’. Alhasil, selama masa sekolah ia menjadi siswa yang ulet hingga kerap meraih juara kelas.

Lulus dari SMAN 1 Solok, Medi merantau untuk kuliah di Universitas Islam Bandung (Unisba). Selama kuliah ia aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Tambang dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Minang. Merasa butuh untuk menambah penghasilan dan bertahan di Bandung, ia berusaha mendapatkan pekerjaan hingga berhasil menjadi asisten dosen.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Terkini

Mendulang Cuan dari Setrika Arang

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:41 WIB

Sumbar Darurat Kekerasan Seksual

Rabu, 17 November 2021 | 18:23 WIB
X