MUI Pasaman Barat Berikan Tanggapan Mengenai Aliran Kepercayaan Yang Naik Haji ke Gunung Kerinci

- Jumat, 24 September 2021 | 20:15 WIB

HALUANPADANG.COM - Sebuah aliran kepercayaan bernama Jamiatul Islamiyah disebut dalam rapat koordinasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dalam Masyarakat (PAKEM) di Pasaman Barat pada selasa, 21 September 2021.

Salah satu ajaran kelompok Jamiatul Islamiyah yang dicurigai menyimpang adalah ibadah haji yang ditunaikan di Gunung Kerinci.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pasaman Barat Buya Darmansyah yang dihubungi oleh haluanpadang.com angkat bicara mengenai informasi tersebut.

Menurut keterangan Buya Darmansyah pihaknya beberapa kali pernah bertemu dengan pengurus kelompok Jamiatul Islamiyah yang menjalankan aktivitasnya di Air Bangis, Pasaman Barat.

"Iya mereka pernah menghubungi dan berkunjung kepada kami (MUI Pasaman Barat), dan kami pun pernah mendadangi mereka," kata Buya Darmansyah melalui sambungan telepon.

Menurut Buya Darmansyah dalam pertemuan tersebut perwakilan Jamiatul Islamiyah membantah sejumlah rumor negatif yang beredar terkait aktivitas yang mereka lakukan.

Salah satu yang dibantah oleh perwakilan Jamiatul Islamiyah dalam pertemuan tersebut menurut Buya Darmansyah yaitu ibadah Haji yang dilakukan di Gunung Kerinci.

"Mereka cerita waktu itu soal Naik Haji itu tidak benar. Katanya mereka bukan naik haji tapi hanya berkunjung ke makam ulama pendiri mereka. Katanya begitu, cuma prakteknya kan kita nggak tau juga," kata Buya Darmansyah.

Lebih jauh Buya Darmansyah menyebutkan memang ada pengaduan dari masyarakat terkait aktivitas Jamiatul Islamiyah. Hanya saja sejauh ini hanya informasi mulut ke mulut tanpa bukti yang kuat.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Terkini

Mendulang Cuan dari Setrika Arang

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:41 WIB

Sumbar Darurat Kekerasan Seksual

Rabu, 17 November 2021 | 18:23 WIB
X