Menyikapi Aliran Kepercayaan di Pasaman Barat, Ketua FKUB Sumbar : Masyarakat Agar Tetap Tenang

- Jumat, 24 September 2021 | 19:39 WIB

HALUANPADANG.COM - Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dalam Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Pasaman Barat, menggelar rapat koordinasi pada selasa, 21 September 2021.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Negeri Pasaman Barat tersebut PAKEM menyebut ada dua aliran kepercayaan yang berada dalam pengawasan.

Dua aliran kepercayaan tersebut adalah Jamiatul Islamiyah dan Baha'i. Kedua kelompok ini diduga sudah lama berada di Sumatera Barat.

Meskipun dua aliran kepercayaan ini dianggap meresahkan dan berada dalam pengawasan, namun sejauh ini tidak ada gejolak di masyarakat.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumbar Duski Samad yang dihubungi haluanpadang.com mengajak masyarakat untuk tetap tenang selagi kedua kelompok tidak menyebarkan ajarannya.

"Masyarakat sebaiknya bersikap tetap menjaga kerukunan, karena persoalan agama adalah persoalan individu masing-masing," ujar Duski Samad.

 

Duski Samad juga menuturkan lain halnya jika persoalan tersebut dibawa ke ranah publik. Menurutnya jika kelompok tersebut berusaha menyebarkan ajarannya, perlu ada tindakan dari negara.

"Apabila persoapan agama sudah dibawa ke ranah publik, maka itu adalah tugas negara beserta aparat-aparatnya untuk mengendalikan. Tentunya jika aparat yg bertindak, tindakannya terukur," tutup Duski Samad.(*)

Halaman:

Editor: Emen HLN

Terkini

Mendulang Cuan dari Setrika Arang

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:41 WIB

Sumbar Darurat Kekerasan Seksual

Rabu, 17 November 2021 | 18:23 WIB
X