Tingkat Kepuasan Warga Etnis Minang Pada Jokowi Rendah: Benar Tidak Puas atau Masih Dendam?

- Rabu, 1 September 2021 | 17:17 WIB
Presiden Jokowi berbincang blusukan
Presiden Jokowi berbincang blusukan

HALUANPADANG - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI) menempatkan etnis Minang sebagai etnis yang paling tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Persentase ketidakpuasannya bahkan mencapai 97,2 persen.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei bertema evaluasi publik terhadap penanganan pandemi, vaksinasi, dan elektoral terkini dari tanggal 30 Juli hingga 4 Agustus 2021.

Survei melibatkan 1.220 orang responden yang telah memiliki hak pilih dari seluruh provinsi di Indonesia secara proporsional.

Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat dari etnis Minang terhadap kinerja Jokowi adalah yang terendah dari etnis lain yang ada di Indonesia. Hanya 2,8 persen masyarakat dari etnis Minang yang puas dengan kinerja Jokowi.

Baca Juga: Hasil Survei Terendah di Indonesia: 97,2 Persen Orang Minang Tidak Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Pengamat politik Universitas Sebelas Maret, Muhnizar Siagian menilai, tanggapan masyarakat atas kinerja Jokowi saat ini masih terbawa imbas kekalahan Prabowo-Subianto">Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 lalu.

Membaca hasil survei itu, Muhnizar menyebut masyarakat Minang khususnya di Sumatera Barat masih belum terima dengan kekalahan itu, karena memang dalam dua periode pemilu Prabowo menang telak di Sumbar.

"Saya melihat ini dari banyak faktor, bisa jadi ini masih imbas dari Pilpres, sehingga apapun yang dilakukan Jokowi itu terlihat buruk, apalagi pilihan warga Sumbar-Prabowo kalah dua kali," katanya pada Haluan Padang.

Namun, ia menyakini dalam survei yang mengusung tiga indikator penanganan pandemi, vaksinasi dan elektoral itu, sebagian responden ada yang berasal dari pendukung Jokowi sendiri.

"Saya yakin dari responden menjawab dengan akal sehat, bahkan salah satu dari mereka ada yang menjadi pemilih jokowi, sehingga mereka kecewa dengan indikator tiga di atas itu," jelas dia.

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Nasib Malang Si Sapi Bantuan

Rabu, 5 Januari 2022 | 14:31 WIB
X